Date:

Share:

Gontor Putri 3 Berkreasi dengan Segudang Aktivitas

Related Articles

Karangbanyu – ”Tahun ini adalah Tahun Integritas, Produktifitas dan Kreatifitas”, begitulah program yang dicanangkan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 menyambut Tahun Ajaran Baru 1430-1431. Dengan dibukanya Tahun Ajaran Baru di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3, dimulai pulalah rentetan acara Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy (PKA). Sebagai tolak ukur dan ajang apresiasi santriwati di bidang seni khususnya musik dan tarik suara, Panitia PKA mengadakan Festival Organ Darussalam, Selasa (13/10) silam,  acara ini dimeriahkan dengan lomba seni tarik suara.

Melalui acara yang bertempat di depan Gedung Al-Azhar ini, bermunculanlah pianis-pianis muslimah baru dan berbakat. Dalam festival ini, Khansa, siswi kelas 1 Kulliyatu-l-Mu’allimat Al-Islamiyah (KMI), tampil memukau dengan memenangkan lomba tersebut.

Rentetan acara PKA dilanjutkan dengan Lomba Cerdas Cermat Fiqih Wanita dan Kepondokmodernan sehari setelah Festival Organ Darussalam, Rabu (14/10). Acara ini selaras dengan motto Pondok Modern Darussalam Gontor ”Jadilah ulama yang intelek, bukan intelek yang tahu agama”. Adapun peserta lomba ini berasal dari utusan tiap-tiap rayon se-Darussalam. Melalui kompetisi yang ketat, utusan dari Rayon Gaza berhasil menyingkirkan pesaingnya dan berhasil merebut gelar juara.

Lomba Masak antar Konsulat
Selama PKA, Gontor Putri 3 tidak berhenti dari berbagai aktivitas. Dua hari setelah perlombaan cerdas cermat, panitia kembali mengadakan Lomba Masak antar Konsulat, Jum’at (16/10). Acara yang diikuti utusan setiap konsulat ini bertujuan menjalin dan mempererat ukhuwah islamiyah setiap konsulat. Selain itu, para santriwati juga terdidik untuk berkreasi menyajikan kelebihan daerah mereka masing-masing. Acara yang berlangsung meriah ini dimenangkan konsulat Jawa Tengah.

Di samping itu, para santriwati tidak hanya pandai memasak, mereka juga mahir dalam baris-berbaris. Hal ini terlihat dalam Lomba Ketangkasan Baris-Berbaris (LKBB) antar Rayon yang diadakan panitia. Kesigapan, kekompakan dan kedisiplinan tersirat dari setiap gerakan santriwati Gontor Putri 3. Dalam lomba yang satu ini, setiap peserta akan terdidik menjadi muslimah sholihah yang memiliki militansi dan berdisiplin tinggi.

Selain itu, dari sekian banyak rentetan acara PKA, Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 juga menggelar acara Demonstrasi Bahasa. Utusan setiap konsulat tampil dengan bahasa daerah mereka masing-masing. Dengan adanya acara ini, jelaslah bahwa Gontor berusaha menjaga kelestarian bahasa daerah yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

Dalam bidang kepramukaan, Gontor Putri 3 juga mengadakan Lompa Perkemahan Penggalang dan Penegak (LP3) Putri sebagai perwujudan dari integritas, produktifitas dan kreatifitas Gontor Putri 3. Dengan adanya LP3, santriwati mempunyai semangat patriotisme, memupuk ketangkasan dan kedisiplinan.

    

 

Popular Articles