Date:

Share:

Gontor Peringati Malam Tahun Baru Hijriyah

Related Articles

GONTOR—Pada hari Senin (10/9) yang bertepatan dengan 1 Muharram 1440 Hijriyah, semua keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) memperingati tahun baru Hijriyah. Pada kesempatan ini, Pimpinan Pondok mengamanatkan Al-Ustadz Dr. H. Jarman Arroisi, M.A., (salah satu dosen di Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor) untuk menyampaikan hal-hal yang bersangkutan dengan Tahun Baru Hijriyah ini.

Sebelum mengawali Pidatonya, beliau menyampaikan beberapa pertanyaan kepada para santri: apa itu Tahun Hijriyah, pada bulan apa tahun Hijriyah dimulai, mengapa tahun umat Islam diawali  pada bulan tersebut, dan mengapa Rasulullah SAW berhijrah bersama para sahabat dari Mekkah menuju Madinah.

Dalam pidatonya, beliau menyampaikan bahwa ditentukannya peristiwa Hijrah sebagai awal penanggalan Hijriyah mengandung makna historis yang sangat dalam. Dikutip dari kitab al-I’laan bi al-Tawbikh karya Imam Saakhawi, bahwasannya bulan Muharram ditetapkan sebagai awal bulan penanggalan Hijriyah karena niat Rasulullah SAW untuk berhijrah sudah ada sejak bulan tersebut (Muharram), inilah sejatinya alasan dasar penentuan awal tahun baru Hijriyah adalah sangat tepat, karena nilai, hikmah, dan teladan dari peristiwa tersebut.

Setelah pidato beliau selesai, acara pada malam ini dilanjutkan dengan pidato Bapak Pimpinan PMDG, K.H. Hasan Abdullah Sahal. Kiai Hasan menyampaikan bahwasannya cara kita untuk memperingati Tahun Baru Hijriyah (1 Muharram) ini sudah tepat, yaitu dengan mengadakan perkumpulan yang didalamnya disampaikan ilmu dan sejarah tentang tahun Hijriyah. Di tempat lain tidak sedikit masyarakat yang memperingati 1 Muharram ini dengan model dan caranya sendiri. Ada yang memperingati dengan Grebek Suro, Larung Sesaji, dan cara-cara yang lain yang tidak bermanfaat dan tidak pernah diajarkan oleh Islam.

Beliau juga menuturkan:”di luar, banyak masyarakat yang memperingati tahun baru masehi dengan bergembira, apa hubungannya kita dengan tahun masehi?”, tutur beliau. Dengan memasuki tahun baru Hijriyah ini, hendaknya kita memperbarui niat, semangat, dan tujuan, agar tahun ini bisa berbuat lebih baik dari sebelumnya.Faruq

Popular Articles