Date:

Share:

Gontor Mendidik Santri dengan Totalitas Kegiatan

Related Articles

GONTOR — Dinamika kegiatan santri di Pondok Modern Darussalam Gontor bagaikan siang dan malam, berlangsung terus-menerus, silih berganti tiada hentinya. Demikianlah, Gontor tidak akan terlelap tanpa aktivitas sehingga seringkali dikatakan al-ma’hadu laa yanaamu abadan. Keramaian di bulan Syawwal hingga akhir Dzulqo’dah yang dipenuhi dengan rentetan acara Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy (PKA) ditutup dengan sukses besar Pagelaran Seni Panggung Gembira (PG) yang dihelat Sabtu (6/11) lalu dengan mendapatkan apresiasi luar biasa dari Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH. Hasan Abdullah Sahal. Beliau menilai, prestasi PG tahun ini melebihi kesuksesan PG pada tahun-tahun sebelumnya. Nyatanya, seluruh penonton terkesima menyaksikan gebyar acara yang benar-benar inspiratif, kreatif dan inovatif.

Demikian halnya, pondok-pondok cabang juga tidak ketinggalan dengan sejumlah rangkaian acara PKA. Setelah pelaksanaan Apel Tahunan PKA di Gontor, Ahad (24/10) lalu, berturut-turut seluruh pondok cabang menggelar acara serupa. Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 yang berlokasi di Sambirejo, Mantingan, Ngawi, juga menggelar Apel Tahunan PKA bersamaan dengan Pondok Modern Gontor 5 “Darul Muttaqien” di Banyuwangi, Ahad (31/10). Sedangkan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 di Karangbanyu, Mantingan, Ngawi, bersama Pondok Modern Gontor 3 “Darul Ma’rifat” yang terletak di Kediri menggelar acara serupa beberapa hari kemudian, Rabu (3/11) lalu.

Terakhir, Pondok Modern Gontor Putri 5, Kandangan, Kediri, akan melaksanakan Apel Tahunan PKA pada Rabu (10/11) ini. Rencananya, sesuai jadwal yang ada, Pondok Modern Gontor 6 “Darul Qiyam” Magelang juga akan melaksanakan Apel Tahunan bersamaan dengan Gontor Putri 5. Akan tetapi, bencana Merapi yang menimpa daerah Yogyakarta dan sekitarnya menyebabkan seluruh santri dan asatidz Pondok Modern Gontor 6 dievakuasi ke Pondok Modern Darussalam Gontor 2 di Madusari, Siman, Ponorogo, Jum’at (5/11) lalu. Hingga berita ini diturunkan, mereka masih bermukim di Gontor 2. Sehingga, pelaksanaan Apel Tahunan PKA Gontor 6 ditunda untuk sementara waktu dengan melihat situasi dan kondisi yang sedang berlangsung saat ini.

Sementara itu, mulai tahun ini seluruh pondok cabang dengan kompak menggelar Drama Arena (DA) dan PG secara terpisah sebagaimana yang diselenggarakan di Pondok Modern Darussalam Gontor. Sebelumnya, di setiap pondok cabang tidak terdapat istilah acara DA atau PG. Seluruh santri dari kelas 1-6 berkolaborasi menggelar acara pentas seni setaraf PG dengan nama Arena Gembira (AG). Kini, pondok cabang mencoba sebuah kemampuan puncak untuk menggelar dua acara besar untuk menggali potensi seluruh santri se-Darussalam.




Popular Articles