Date:

Share:

Gontor Kembali Gelar Laboratory Science Expo 2020

Related Articles

Gontor-Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) kembali menggelar Laboratory Science Expo (LSE) 2020, kegiatan tahunan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, (4/9) di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Dalam kesempatan ini, Direktur Kuliyyatul Mu‘allimin Al-Islamiyyah, K.H. Masyhudi Subari, M.A. berkenan membuka LSE 2020 sekaligus mengikuti rentetan kegiatan serta inspeksi ke seluruh stand pameran yang berada di dalam BPPM.

Dalam pembukaan LSE 2020, Kiai Masyhudi menjelaskan, Expo LSE selalu diadakan di PMDG, ini merupakan eksibisi untuk mendemostrasikan hasil belajar anak-anak selama ditatar di laboratorium KMI, pembelajaran materi Fisika, Kimia dan Biologi tidak cukup diajarkan teori di dalam kelas melalui perantara buku. Maka diperlukan formula khusus untuk menghilangkan kesan membosankan terhadap materi-materi eksak, yaitu eksperimen dan praktikum. Dengan acara LSE ini, diharapkan dapat menumbuhkan minat para santri terhadap sains dan teknologi.

Ketua penyelenggara LSE 2020, Ahmad Wildan An-Najah menjelaskan, acara yang bermotokan “We Discover Edge of The World Through Science,” ini, menggunakan tema bernuansa kutub utara, walaupun terletak di ujung dunia dan jarang didatangi oleh manusia, masih ada para ilmuwan yang melakukan ekspedisi guna mengembangkan pengetahuan dan peradaban manusia. Begitupun di pondok pesantren, walaupun kegiatan sains dinilai kurang diminati, kehadiran scientist dari para santri akan selalu ada demi mewujudkan “ulama yang intelek, bukan intelek yang tahu agama”.

Seluruh santri PMDG disuguhkan sejumlah pameran sains yang beragam, tidak hanya percobaan fisika, kimia, dan biologi, ada juga handicraft, electro,serta video pengetahuan tentang sains ikut meramaikan LSE 2020 ini. Selain pameran sains, ada juga Darussalam Science Olympiad (DSO) yang dilaksanakan serempak dengan LSE di BPPM, tidak sedikit santri yang antusias mengikuti perlombaan di DSO, seperti; Darussalam Math and Sciene Olympiad, Go-Uno block, rangking one, Boss Riddle, Word on Book, Sciene Crossword, dan masih banyak lainnya.

Kegiatan LSE ini didukung penuh oleh KMI, baik oleh Direktur KMI, Staf KMI, Staf Laboratorium KMI, hingga para santri yang tergabung dalam suatu wadah bernama Exact Club. Pameran sains ini secara rutin dilaksanakan di PMDG untuk meningkatkan minat para santri terhadap sains, selain itu, membantu para santri dalam mengeksplorasi, mengenal lebih dekat segala jenis pembelajaran maupun penelitian yang tersedia di laboratorium secara langsung.Rakafadel

Popular Articles