Date:

Share:

Gontor Ikuti Program Duta Belia Indonesia 2009

Related Articles

GONTOR—Dalam rangka menciptakan konstituen diplomasi di kalangan generasi muda, Departemen Luar Negeri Republik Indonesia (Deplu RI) kembali menyelenggarakan program Duta Belia Indonesia 2009 yang berlangsung pada tanggal 20-31 Agustus 2009 mendatang di Australia. Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mendapatkan kesempatan untuk kembali mengikuti program ini.

Untuk program tersebut, Eko Ahmad Saifuddin, salah seorang ustadz muda PMDG, berhasil terpilih mewakili PMDG lewat seleksi yang diadakan Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Diplomasi Publik. Setiap peserta yang terpilih diseleksi berdasarkan prestasi di bidang akademis, aktif dalam kegiatan organisasi dan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan. Selain itu, usia mereka tidak boleh lebih dari 20 tahun.

Program Duta Belia Indonesia yang dimulai sejak tahun 2003 ini diselenggarakan dengan tujuan memperkenalkan kebijakan luar negeri Indonesia kepada generasi muda masa depan. Di samping itu, para peserta juga dapat memahami cara kerja diplomat Indonesia dan mengetahui masalah-masalah yang dihadapi Indonesia di luar negeri. Selain itu, para peserta juga dipandu untuk mempromosikan Tahun Industri Kreatif 2009 dengan motto “Create, Innovate, Prosper”.
 
Untuk itu, sebelum berangkat ke Australia, para peserta program Duta Belia Indonesia 2009 terlebih dahulu mengikuti pembekalan yang akan diadakan di Jakarta pada tanggal 20-25 Agustus. Dengan demikian, setelah pembekalan selesai, peserta yang telah dibagi menjadi tiga kelompok tersebut benar-benar siap diberangkatkan ke tiga kota besar di Australia, yakni Melbourne, Sydney dan Perth pada tanggal 26-29 Agustus 2009. Selanjutnya, pada tanggal 30-31 Agustus 2009 nanti mereka bersama-sama mengikuti acara terakhir, yakni pemantapan dan penutupan program ini.

Popular Articles