Date:

Share:

Gontor Gelar Malam Peringatan 1 Muharram 1439 H

Related Articles

GONTOR-Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) menggelar malam peringatan 1 Muharram 1439 Hijriah pada Rabu (20/9) malam. Pertemuan dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1439 H ini, dipusatkan di Aula Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Pimpinan Pondok, K.H. Hasan Abdullah Sahal ikut hadir dalam kegiatan ini.

Peringatan 1 Muharram dimulai usai shalat isya sekitar pukul 20.30 hingga 22.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri ribuan santri Gontor dari kelas 1 hingga kelas 6.

Al-Ustadz Badrun Syahir, M.A. menyampaikan pidato tentang berbagai hal terkait peringatan 1 Muharrram ini, diantaranya; Sejarah dinamika dakwah nabi-nabi dalam Al Qur’an, jalan keluar dari berbagai tantangan dalam berdakwah, peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW bersama Abu Bakar As-Shiddiq R.A dari Mekkah menuju Madinah, dsb. Menurut beliau, kita harus meneladani seluruh ajaran Rasul kita, karena sudah jelas dalam Al-Qur’an bahwa gelar “Uswatun Hasanah” bagi Rasulullah SAW perlu kita hadirkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Ia menambahkan peringatan Tahun Baru Islam 1439 H merupakan momen yang penting di Gontor, karena di sini kita bisa mensyukuri perjalanan pondok selama satu tahun yang telah berlalu. “Pondok Modern Darussalam Gontor melihat 1 Muharram, merupakan momen yang penting, selain diadakan pidato 1 Muharram secara formal seremonial kita bersyukur dapat sampai ke awal tahun baru Islam.” Tutur Ustad Badrun

Dalam kesempatan ini, melengkapi pidato Ustadz Badrun, Pimpinan Pondok, K.H. Hasan Abdullah Sahal menyampaikan, peristiwa hijrah Nabi yang bersejarah itu adalah awal mula Tahun Baru Islam yang dikenal dengan Hijriah. Di samping itu beliau pun sering bercanda dan bercerita pengalaman unik beliau di hadapan santri-santrinya. Rafa

Popular Articles