Date:

Share:

Gontor Gelar Darussalam Bershalawat

Related Articles

DARUSSALAM – Meskipun di masa pandemi seperti saat ini. Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) tidak pernah berhenti untuk mendidik para santri dengan totalitas kehidupan dan penuh pendidikan. Pada kesempatan kali ini, PMDG kembali menggelar Darussalam Berselawat pada hari Jum’at (1/1) di sebelah Timur Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM).

Darussalam Berselawat merupakan sebuah acara yang diikuti oleh para santri kelas 2-6 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) yang tergabung dalam kursus Seni Hadrah Darussalam (Senhada). Acara ini dibuka oleh Pembimbing Senhada, Al-Ustadz Winka Ghozi Nafi. “Dengan persiapan kurang lebih sekitar 2 minggu, alhamdulillah mereka mampu menampilkannya dengan baik dan maksimal” tutur Ustadz Winka.

Dalam sambutannya Ustadz Winka mengutip kalimat Pimpinan Pondok, K.H. Hasan Abdullah Sahal: “Tidak ada sedetik pun digunakan di pondok ini melainkan untuk Pendidikan, dan tidak ada sepersen pun, melainkan untuk pendidikan” tambah Ustadz Winka.

Acara ini bertujuan untuk syi’ar dakwah dengan lantunan lagu-lagu selawat yang dimainkan dengan alunan musik hadrah seperti: perkusi murni yang meliputi rebana, bass hadrah, bass mika, tam, keprak, dan darbuka tanpa menggunakan alat musik elektrik seperti keyboard, gitar, dsb.

Adapun lagu-lagu yang ditampilkan adalah: Firru ilallaah (Kembalilah versi Bahasa Arab) sebagai lagu pembuka, Ya Imama Rusli, Ad-Dinu lanaa, Sirru linaili dan Allaahu-l Kaafii. Penampilan dalam acara ini diselingi pembacaan Rawi Ad-Dibaa’i yang berisi tentang kisah-kisah dan pujian kepada Rasulullah SAW. Dan di dalam acara ini juga ada penampilan adu skill darbuka oleh beberapa anggota khusus Senhada. Dan di akhir acara ditutup dengan lagu Mahallu-l Qiyam. hafidhrafi

Popular Articles