Date:

Share:

Gontor dan Totalitas Kehidupan

Related Articles

Kehidupan di Gontor adalah kehidupan yang total, komprehensif dan ideal. Berusaha menggabungkan antara aspek duniawi-ukhrowi, dalam mainstream Islam.

Pagi hari, jauh sebelum matahari terbit, para santri bangun – biasanya dengan lantunan Al-Qur’an yang disiarkan serentak di seantero pondok. Mereka terjaga, mengambil air wudhu, membaca Al-Qur’an, tahajud. Beginilah hari di Gontor dimulai.  Pada akhir hari, sekitar pukul 22.00, para santri kembali ke asrama masing-masing, setelah melewati satu hari yang penuh dengan aktivitas dan makna, katakanlah paling tidak selama 18 jam sehari.

Jadwal yang padat dan kompak menciptakan miliu yang  militan dan berdaya saing tinggi, tanpa harus kehilangan sisi kemanusiaan. Ada persahabatan, persaudaraan, teamwork. Pun, ukhuwah islamiyyah adalah salah satu panca jiwa pondok- lima asas yang dibangun diatasnya kehidupan pondok.

Kehidupan yang demikian, dijalani oleh setiap hari, oleh per individu, baik santri maupun ustadz. Apabila minimal mereka menghabiskan masa belajar selama 4 tahun, maka mereka memiliki 21600 jam dalam pendidikan kehidupan yang berkualitas dan total. Sehingga, selepas para alumni dari pondok ini, diharapkan akan menjadi generasi pemimpin masa depan. Insya Allah.

Kamis, 22 Jumadal Ula 1431

Popular Articles