Date:

Share:

Gontor Bertilawah di Tengah Masa Pandemi Covid-19

Related Articles

Gontor-Di tengah masa pandemi Covid-19, upaya demi upaya terus dilakukan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) untuk menjaga para santrinya agar tetap sehat dan terhindar dari penularan coronavirus. Salah satunya adalah membiasakan diri agar senantiasa dalam keadaan suci, jasmani maupun rohani. Sabtu siang (27/6) pada pelajaran jam ke-5 dan ke-6, sekitar pukul 11.00-12.00 WIB, para santri bertilawah membaca Al-Qur’an di asrama masing-masing. Suasana kala itu menjadi lebih sejuk dan tentram, meski di tengah teriknya matahari siang.

Tahun ini memang sedikit berbeda dari sebelumnya. Kegiatan belajar mengajar efektif di dalam kelas yang biasanya berlangsung selama 6 jam pelajaran, kali ini hanya dilaksanakan 4 jam pelajaran, dan 2 jam pelajaran sisanya dimanfaatkan untuk membaca Al-Qur’an. Tidak lain ini adalah bentuk upaya Kulliyatu-l-Muallimin Al-Islamiyah (KMI) untuk menstabilkan keadaan para santri yang baru saja kembali ke Pondok setelah menghabiskan waktu liburnya di rumah di tengah masa pandemi. Pimpinan Pondok menilai bahwa membaca Al-Qur’an akan lebih menenangkan hati para santri, ditimbang mereka harus langsung mengikuti rutinitas Pondok seperti biasanya.

Tilawah ayat suci Al-Qur’an ini merupakan sebuah doa dan permohonan ampunan kepada Allah SWT agar bumi ini kembali dalam keadaan normal dan aman. rukh

Popular Articles