Date:

Share:

Gontor Berpartisipasi dalam International Scout Camp di Minangkabau

Related Articles

TANAH DATARKembali lagi Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengirimkan dan mengikutsertakan beberapa perwakilannya untuk ikut berpatisipasi dalam even keparamukaan Internasional. Kegiatan yang bernama Minangkabau International Scout Camp (MISC) diikuti oleh negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Walaupun jauh di luar pulau Jawa, hal ini tidaklah menjadi penyebab turunnya semangat dan lemahnya santri-santri dalam mengikuti berbagai acara disana.

Kegiatan MISC ini berlangsung selama enam hari, 23–28 Desember 2015 yang dipenuhi dengan acara beraroma kepramukaan. Peserta berjumlah 1.773 orang, terdiri dari 1.423 orang peserta dalam negeri, 132 orang peserta dari luar negeri, dan 350 orang panitia.

Ikut hadir dalam penutupan acara tersebut ialah Pejabat Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Bapak Sudirman Gani yang selanjutnya menutup secara resmi kegiatan ini.

“Jambore pramuka internasional ini selain sebagai ajang promosi wisata, juga untuk meningkatkan hubungan silaturahim sesama pelajar dari berbagai daerah di Indonesia dan negara tetangga,” ungkapnya saat menutup acara di Istana Basa Pagaruyung.

Ia menyebut, Minangkabau International Scout Camp ini digelar atas prakarsa alumni pesantren Gontor yang bekerjasama dengan Pemprov Sumbar dan Pemkab Tanah Datar.

Di samping itu, Ketua Kwarcab Pramuka Tanah Datar, Aulizul Syuib berharap kepada seluruh peserta perkemahan untuk senantiasa memiliki kepribadian iman yang kuat, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, budaya disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

“Karena itu, niatkan dalam diri masing-masing bahwa santri pondok pesantren anti narkoba, anti kekerasan, anti tawuran, dan anti perbuatan maksiat,” ingatnya.

Ia menambahkan, Kwarcab Tanah Datar bertekad untuk tetap konsen dalam membangun kepribadian generasi muda terutama melalui kegiatan perkemahan pramuka seperti ini. biibmufassir

Popular Articles