Date:

Share:

Gontor Ajarkan Santri Metode Membuka Kitab Kuning

Related Articles

GONTOR–Tak bisa dipungkiri, bahwa kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dalam kehidupan selalu mendatangkan hal-hal baru yang turut diikuti oleh perkara baru, baik positif maupun negatif. Sehingga, masyarakat dari segala lininya membutuhkan sosok ulama yang mampu memberikan solusi untuk setiap masalah keagamaan tersebut.

Untuk itu, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengajarkan metode membuka kitab kuning untuk segenap siswa Kelas V KMI. Berlangsung selama satu minggu, (Kamis s/d Selasa, 26 Februari – 1 Maret 2016), kegiatan tahunan tersebut diikuti oleh 626 orang siswa dan 40 orang guru pembimbing yang dibagi menjadi 40 kelompok, dengan masing-masing kelompok beranggotakan 15 sampai 16 orang.

Materi yang dibahas dalam pelatihan ini adalah Materi Aqidah, Hadits, dan Fiqh. Pada sesi pembahasan, setiap siswa menerima judul dari guru pembimbing. Lantas, mereka mencari buku referensi dan memahami masalah tersebut untuk selanjutnya dicatat di buku tulis masing-masing. Pada jam pelajaran berikutnya, tiap kelompok yang terdiri dari tiga sub bagian tersebut mempresentasikan hasil pembahasannya di bawah bimbingan seorang guru.

Hingga akhirnya, kegiatan yang nyaring disebut dengan nama “Fathul Kutub” tersebut telah melaksanakan enam kali diskusi. Meski hanya sepekan, diharapkan kegiatan ini mampu mengembangkan animo siswa agar lebih semangat dalam mempelajari dan mendalami pelajaran, khususnya kitab kuning. B. Dasasta

Popular Articles