Date:

Share:

Gontor Ajarkan Santri Mengenal Buku Klasik Islam

Related Articles

KEDIRI-Sebagai suatu lembaga pendidikan, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) senantiasa berupaya meningkatkan intelektualitas para santri dengan kegiatan positif, salah satunya dengan diadakannya Fathu-l-Kutub. Kegiatan ini serentak diadakan untuk Siswa/i Kelas 5 Kulliyatu al-Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) di seluruh kampus PMDG baik putra maupun putri dimulai hari Sabtu (30/12) hingga hari Rabu (3/1) mendatang.

K.H. Syamsul Hadi Abdan selaku Pimpinan Pondok berkesempatan untuk menghadiri 2 acara pembukaan sekaligus, pertama di PMDG Putri Kampus 1, Mantingan pada hari Sabtu (30/12) serta PMDG Kampus 3, Kediri hari Ahad (31/12) lalu.

“Perlu diketahui bahwasanya Fathu-l-kutub itu sekarang menjadi kurikulum di kelas 5,  tapi Fathu-l-Kutub di kelas 5 ini belum Fathu-l-Kutub yang sebenarnya, tapi sebagai muqoddimah, sebagai pendahuluan, yang nanti akan disempurnakan di kelas 6” tutur Kiai Syamsul, di Aula Pertemuan PMDG Kampus 3 Kediri.

Di sela-sela pidato yang disampaikan oleh Kiai Syamsul, beliau mengajak para santri untuk berdialog tentang beberapa materi Fathul Kutub, dimulai dari fiqh ibadah, tokoh ulama fiqh yang terkenal, perbedaan makna “membaca” bagi pondok salaf dan PMDG, tujuan diadakannya Fathul Kutub, dsb. Setelah acara dibuka secara resmi oleh Pimpinan Pondok, diadakan juga pengarahan tiap-tiap materi, seperti Tafsir, Hadist, Tauhid dan Fiqh.

Fathul Kutub merupakan cara Gontor mengajarkan para santri dalam mempelajari sendiri buku-buku klasik Islam. Mereka mencari masalah yang diberikan panitia dari buku-buku yang sudah disediakan, lalu mengadakan diskusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Dengan kegiatan yang diselenggarakan ini, seluruh siswa/i kelas 5 KMI mampu mengenal buku-buku klasik Islam, serta menguji kemampuan bahasa arab yang telah mereka kuasai sejak kelas 1 KMI. Rakafadel

Popular Articles