Date:

Share:

Gontor Adakan Upacara Kemerdekaan RI ke-73

Related Articles

Gontor–Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan upacara kemerdekaan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) pada hari Jum’at (17/8). Acara ini dipimpin langsung oleh K.H. Hasan Abdullah Sahal selaku Inspektur Upacara.

Upacara kemerdekaan dimulai tepat pada pukul 07.00 WIB ditandai dengan pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) yang berjumlah 9 orang dari siswa KMI, dengan diiringi oleh lantunan lagu Indonesia Raya.

Dalam pidatonya, Kiai Hasan menyampaikan bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang paling berharga dalam kehidupan manusia baik lahir maupun batin, kemerdekaan adalah hadiah dari Allah SWT, dan kita wajib bersyukur atas nikmat kemerdekaan ini. “Negara ini milik bangsa Indonesia, kita semuanya harus mensyukuri nikmat kemerdekaan yang telah dibayar oleh semua pendahulu kita.” Ujar Kiai Hasan.

“Anak-anakku sejarah jangan sampai dilupakan, jangan mudah terkecoh oleh sejarah yang dipalsukan dan digelapkan oleh pihak lain. Negara ini adalah negara kita semuanya yang diproklamirkan oleh dua orang itu (Soekarno dan Hatta), tetapi perjuangannya melalui para ulama’, para auliya’, para pendahulu kita, yang mana mereka adalah santri-santri, dan alumni-alumni pesantren.” Tambah Kiai Hasan.

Upacara kemerdekaan ini setidaknya dihadiri lebih dari 4.500 orang dari santri, guru, dan wali santri yang tengah berada di pondok. Acara ini berlangsung lancar dan khidmat. Setelah upacara berakhir, para santri kembali melaksanakan aktivitas harian seperti biasanya. Rakafadel

 

Tulisan terkait:

Galeri Upacara Kemerdekaan RI ke-74 di PMDG

Puisi Kemerdekaan Karya Santri Gontor: Merah Putih Suci

Puisi Kemerdekaan: Di bawah Kibaran Merah Putih

Popular Articles