Date:

Share:

Gontor Adakan Ujian Pelajaran Sore untuk Siswa

Related Articles

GONTOR–Sebagaimana pada tahun sebelumnya, Pondok Modern Darussalam Gontor menyelenggarakan Ujian Pelajaran Sore untuk segenap siswanya. Ujian yang berlangsung selama enam hari tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu Ujian Lisan dan Ujian Tulis. Ujian Lisan dilaksanakan pada Jum’at (15/4), dengan diikuti oleh seluruh siswa baru dan siswa Kelas 5 KMI. Disusul dengan Ujian Tulis, yang dimulai pada Sabtu s/d Rabu (16-20/4).

Pada Ujian Lisan, guru yang terlibat sebagai penguji sebanyak 78 orang guru. Adapun siswa, sebanyak 1125 orang diuji, mengingat posisi mereka di pondok yang masih sebagai siswa baru. Sedangkan Ujian Tulis, panitia melibatkan 95 orang guru sebagai pengawas, dengan 3406 orang siswa sebagai peserta ujian.

Pada umumnya, tujuan pelaksanaan ujian di Indonesia adalah untuk mengukur sisi akademis siswa. Di mana para siswa diuji dengan berbagai macam soal dari seluruh mata pelajaran yang ada. Namun, di Pondok yang kini berusia 90 tahun ini, ujian bukan hanya diperuntukkan bagi siswa, namun para guru pun turut diuji. Bahkan, pimpinan pondok, direktur, ketua lembaga, dan semua komponen yang ada di Gontor juga diuji. Diuji oleh siapa? Diuji oleh umat Islam sedunia. Karena pondok yang saat ini memiliki 20 kampus cabang ini, sejak 1958 telah diwakafkan kepada umat Islam sedunia. b.Dasasta

Popular Articles