Date:

Share:

Gontor Adakan Perkajum Gelombang Kedua

Related Articles

GONTOR—Tepat satu minggu setelah diadakannya perkemahan Kamis-Jum‘at (Perkajum) gelombang pertama, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) kembali mengadakan Perkajum Gelombang Kedua (28/9).  Perkajum yang kedua ini sekaligus menjadi yang terakhir di awal tahun ini, mengingat kegiatan pondok yang padat dan dekatnya masa ulangan pertengahan tahun.

Perkemahan gelombang kedua ini dilaksanakan di DesaWilangan, Kecamatan Sambit, Ponorogo. Yang jaraknya sekitar lima sampai enam kilometer dari Pondok. Rombongan perkajum berangkat dari pondok pada siang hari, tepat setelah pelepasan didepan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), dan tiba di tempat setelahAshar.

Setelah shalat Ashar dan istirahat sejenak, barulah para anggota mulai membangun tenda mereka. Kemudian setelah Isya’, para anggota perkajum beramai-ramai untuk pawai keliling desa, dan dilanjutkan dengan acara unggun gembira, dan beberapa penampilan, seperti step dari gugus depan 05, nasyid, tari malulo, dan lain sebagainya. Acara ini berjalan dengan lancar, para santri terlihat bergembira dalam perkajum ini.

Esok harinya, para peserta melakukan hiking diiringi oleh panitia, menyusuri sawah, dan lain sebagainya, dan tiba kembali ditempat sebelum shalat Jum‘at. Setelah menunaikan shalat Jum‘at, barulah para anggota pulang menuju pondok dengan berjalan kaki. Setibanya di pondok, para santri kembali mengikuti kegiatan sebagaimana mestinya.

Banyak cerita yang dialami oleh para santri pada kesempatan ini, mudah-mudahan acara perkajum di akhir tahun nanti bias lebih berkesan dan memberikan banyak ilmu dan pengalaman bagi para santri.Faruq

Popular Articles