Date:

Share:

GBS Juarai “Arabic Drama Contest” 1441

Related Articles

Darussalam-Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Arabic Drama Contest yang tiap tahunnya dilaksanakan bertepatan dengan 1 Muharram, untuk tahun ini Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat mengadakan acara ini pada hari Jum’at, 6 September 2019/6 Muharram 1441. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan skill bahasa santri PMDG, yang diikuti oleh 21 asrama; dikelompokkan menjadi 2, rayon kibar dan rayon shigor. Acara ini diadakan di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) Pondok Modern Darussalam Gontor.

Acara dibuka pada pukul 07.30 oleh Al Ustadz Mujib Abdurrahman, Lc. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan bahwa acara Arabic Drama Contest ini, merupakan ajang bagi para santri untuk meningkatkan skill bahasanya, disamping merupakan salah satu usaha pondok untuk menjaga mahkotanya, yaitu Bahasa. Sebagaimana kalimat yang sering disampaikan berkali-kali kepada para santri, “  اللغة تاج المعهد  “ yang artinya, “Bahasa adalah mahkota Pondok”.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana judul drama ditentukan oleh panitia penyelenggara, kali ini masing-masing asrama bebas untuk menentukan cerita yang akan dibawakan. Para pengurus rayonpun berlomba-lomba untuk mencari cerita terbaik, mulai dari kisah-kisah para sahabat Nabi, hingga cerita-cerita di buku pelajaran Muthola’ah yang digubah sedemikian rupa untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan. Setelah semua peserta menampilkan kemampuan terbaiknya, dewan juri membacakan hasil penilaiannya sebagai berikut:

Hasil perlombaan Drama Contest antar rayon :

Kategori Shighor :

  Juara 1 : GBS

  Juara 2 : Indonesia 4

  Juara 3 : Wisma Hadi

Kategori Kibar.  :

  Juara 1 : Syanggit

  Juara 2 : Saudi 1.3

  Juara 3 : Sholihin 2

 The Best Actor.  :

  Shighor : Faiq Fatahillah  INA 4

  Kibar.   : Alfian Albar Saudi 1.3

The Best Narator:

 Shighor : Wisma Hadi

 Kibar.    : Sholihin 2

Juara Favorit :

Rayon SYANGGIT

Juara Umum :

Rayon GBS

Dengan terselenggaranya acara ini, Pondok berharap agar para santri senantiasa meningkatkan kecintaannya terhadap bahasa, karena bahasa merupakan salah satu identitas Pondok Modern Darussalam Gontor yang harus dilestarikan. Reyzin

Popular Articles