Date:

Share:

GBS Juarai “Arabic Drama Contest” 1438

Related Articles

Darussalam-Tahun baru Hijriyah pada tahun ini jatuh pada hari Ahad (2/10). Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk memeriahkan momen spesial ini, Pondok Modern Darussalam Gontor mengadakan berbagai kegiatan bagi para santrinya. Salah satu acara yang terbesar adalah Drama Kontes Bahasa Arab, yang pada tahun ini dijuarai oleh Rayon Alighar lantai 2 (Gedung Baru Sighor). Kompetisi yang diikuti oleh para santri dari masing-masing asrama ini diadakan di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) Pondok Modern Darussalam Gontor.

Acara dibuka pada pukul 8 oleh Al Ustadz Abdul Amim, S.Pd.I. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan bahwa acara Drama Kontes ini, merupakan ajang bagi para santri untuk meningkatkan skill bahasanya, disamping merupakan salah satu usaha pondok untuk menjaga mahkotanya, yaitu Bahasa. Sebagaimana kalimat yang sering disampaikan berkali-kali kepada para santri, “  اللغة تاج المعهد  “ yang artinya, “Bahasa adalah mahkota Pondok”.

 

Umar Taufiq (kanan), Pemeran Terbaik dalam Drama Kontes 1438
Umar Taufiq (kanan), Pemeran Terbaik dalam Drama Kontes 1438

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana judul drama ditentukan oleh panitia penyelenggara, kali ini masing-masing asrama bebas untuk menentukan cerita yang akan dibawakan. Para pengurus rayonpun berlomba-lomba untuk mencari cerita terbaik, mulai dari kisah-kisah para sahabat Nabi, hingga cerita-cerita kartoon yang digubah sedemikian rupa untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan. Setelah semua peserta menampilkan kemampuan terbaiknya, dewan juri membacakan hasil penilaiannya sebagai berikut:

Kategori Rayon Sighor

  • Juara 1 :               Gedung Baru Sighor (Alighar lantai 2)
  • Juara 2 :               Wisma Hadi
  • Juara 3 :               Indonesia 2 lantai 2

Kategori Rayon Kibar

  • Juara 1 :               Gedung Baru Kibar (Alighar lantai 1)
  • Juara 2 :               Indonesia 3
  • Juara 3 :               Solihin 2

Bahasa Terbaik                  : Gedung Baru Sighor (Alighar lantai 2)

Pemeran Terbaik             : Umar Taufiq (Solihin 2)

Juara Umum                      : Gedung Baru Sighor (Alighar lantai 2)

Dengan terselenggaranya acara ini, Pondok berharap agar para santri senantiasa meningkatkan kecintaannya terhadap bahasa, karena bahasa merupakan salah satu identitas Pondok Modern Darussalam Gontor yang tak boleh hilang.Brada

Popular Articles