Date:

Share:

Festival Bahasa Arab Tingkatkan Kualitas Bahasa Gontor Putri

Related Articles

Para peserta Festival Bahasa Arab dari Gontor Putri 1-5
Para peserta Festival Bahasa Arab dari tiap-tiap Pondok Cabang Putri

MANTINGAN–Untuk meningkatkan kualitas berbahasa Arab para mahasiswi ISID Gontor Putri, Fakultas Tarbiyah ISID Gontor Putri, melalui mahasiswi semester VI dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA), menggelar Festival Bahasa Arab Antarpondok Cabang Putri, Sabtu (8/2) lalu. Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang penyaluran kreativitas dan intelektualitas sekaligus menambah wawasan dan pengalaman mahasiswi di bidang akademik dan non-akademik.

Acara perdana yang digelar di Aula Kulliyatu-l-Banaat Kampus Gontor Putri 1 ini dibuka oleh Wakil Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1, Dr. K.H. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A. Setelah pembukaan, acara didahului dengan seminar tentang bahasa Arab yang disampaikan oleh Drs. Fairuz Subakir, M.A., dengan diikuti seluruh mahasiswi dan para peserta festival.

Festival yang bertemakan “Binaa’u al-Hadhaarati al-Islamiyati bi al-Lughati al-‘Arabiyati wa Tarbiyati al-Islamiyati” ini diikuti sejumlah mahasiswi ISID Gontor Putri yang mewakili masing-masing Pondok Cabang Putri, dari Gontor Putri 1–5. Para peserta berkompetisi dalam 10 cabang lomba: Debat Bahasa Arab, Cerdas Cermat, Puisi Arab, Essai Arab, Menyanyi Lagu Arab, Qira’atu Kutubi Turats, Tarjamah, Kaligrafi, Baca Berita, dan Ta‘bir.

Setelah melalui penilaian Dewan Juri, mahasiswi perwakilan ISID Gontor Putri 1 berhasil meraih Juara Umum pada Festival Bahasa Arab ini. Mereka berhasil menjuarai Debat Bahasa Arab yang diwakili Tyas Kurnia, Nussi Annasani, dan Ani Inayatul. Selain itu, perwakilan Gontor Putri 1 juga mampu menjadi juara pada Cerdas Cermat yang diwakili Putri Nur Jannah, Siti Sa’adah, dan Nana Imroatul. Lomba Puisi Arab juga berhasil dimenangi wakil mereka, Fadilah Tianti.

Sementara beberapa cabang lomba yang tersisa dimenangi Pondok Cabang Putri lainnya. Lomba Baca Berita dimenangi Yuli Nur Hayati yang mewakili Gontor Putri 3. Lomba Ta‘bir juga dimenangi perwakilan Gontor Putri yang berlokasi di Karangbanyu tersebut, melalui salah satu mahasiswi utusannya, Gita Afriani. Sedangkan Lomba Kaligrafi berhasil dijuarai Ghina Citra, perwakilan dari Gontor Putri 5. Kedua teman Ghina Citra dari Gontor Putri 5, Alfiyani Awalin dan Firdaus Dwi juga memenangi lomba, yaitu Qira’atu Kutubi Turats dan Menyanyi Lagu Arab. Sisanya, Lomba Essai Arab dan Lomba Tarjamah, berhasil direbut perwakilan dari Gontor Putri 2. Essai Arab dimenangi oleh Vita Fatimah dan Tarjamah dijuarai Dyahhayu Rizkyanti. data_gp1

Popular Articles