Date:

Share:

Fathul Kutub Siswa Akhir KMI, Mantapkan Identitas Sebagai Seorang ‘Mujtahid’

Related Articles

GONTOR – Guna memperluas wawasan dan pengetahuan, Pondok Modern Darussalam Gontor, melalui KMI, menggelar kegiatan Fathul Kutub bagi Siswa Akhir KMI. Kegiatan ini dilaksanakan sejak Jumat (30/10) hingga Rabu (4/11) di Aula Balai Pendidikan Pondok Modern. Acara diawali dengan Pengarahan dari Pimpinan PMDG, K.H. Hasan Abdullah Sahal pada Jumat malam, dilanjutkan keesokan harinya dengan Taujih dalam materi Tauhid dengan mentor Ustadz Rif’at Husnul Ma’afi, Hadits oleh Ustadz Aris Hilmi Hulaimy, Tafsir oleh Ustadz Badrun Syahir, dan Fiqh oleh Ustadz Imam Iskarom.

Kegiatan yang diikuti oleh 794 orang Siswa Akhir KMI ini berlangsung dalam 6 pembahasan. Untuk mempermudah pelaksanaan, seluruh peserta dibagi dalam 2 unit. Apabila unit 1 melaksanakan pembahasan dan penulisan masalah, maka unit 2 melaksanakan diskusi di luar aula.

Dengan kegiatan ini, seluruh peserta diharapkan dapat memperluas wawasan keilmuannya, terutama dalam Kutub at-Turats. Sehingga saat menghadapi problematika furu’iyah dalam kehidupan sehari-hari nantinya tidak fanatik terhadap satu madzhab aliran, namun mampu menjadi seorang mujtahid yang meneliti keabsahan madzhab sesuai dengan petunjuk dalam Qur’an dan Hadits.binhadjid

Popular Articles