Date:

Share:

Fakultas Ushuluddin adakan SPL di Ibukota

Related Articles

JAKARTA–Studi  Pengayaan Lapangan (SPL) merupakan salah satu syarat untuk memenuhi program akademik yang mendukung proses belajar mahasiswa di Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor.  Pada tahun ini, mahasiswa semester 6 Fakultas Ushuluddin Kampus Rabithah mengadakan kegiatan SPL di DKI Jakarta selama 1 minggu, dimulai hari Senin (3/12) hingga Ahad (9/12). Acara ini diikuti oleh 18 mahasiswa dan 2 orang pembimbing, yaitu Al-Ustadz M. Faqih Nidzom, M.Ag. dan Al-Ustadz Abdullah Muslich Rizal Maulana, M.A.

Rentetan acara Studi Pengayaan Lapangan (SPL) dimulai dari acara pembekalan yang diisi oleh Dekan Fakultas Ushuluddin H. Syamsul Hadi Untung, M.A, M.LS dilanjutkan dengan Wakil Dekan Ushuluddin, Al-Ustadz Dr. Jarman Arroisi, M.A. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh peserta SPL, setelah pengarahan, acara dilanjutkan dengan pelepasan dan doa oleh Ustadz Syamsul.

Dalam pengarahannya, Ustadz Syamsul menyampaikan pengarahan tentang pelaksanaan SPL dari penentuan objek, pendalaman materi kajian, persiapan soal pertanyaan, hingga penulisan laporan yang baik dan benar. “Ini adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa, acara ini penting, karena termasuk dalam SKS perkuliahan” tambah Ustadz Syamsul.

Adapun kegiatan dalam SPL adalah melakukan kunjungan ke objek-objek keagamaan atau instansi terkait seperti pondok pesantren, Majlisu-l-‘ulama, dan Universitas, hingga tempat-tempat peribadatan, yang mana kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengafirmasi pelajaran-pelajaran yang sudah dipelajari di bangku perkuliahan. Sedikitnya ada 9 objek studi yang mereka kunjungi di Jakarta, yaitu;

  1. Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ)
  2. Sekolah Tinggi Filsafat Islam (STFI) Sadra
  3. Muallaf Center Indonesia (MCI)
  4. Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara.
  5. Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS)
  6. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)
  7. Ar Rahman Qur’an Learning (AQL) Islamic Center
  8. Gereja Katedral Jakarta
  9. Pondok Pesantren At-Taqwa, Depok

 

Dalam SPL Ushuluddin kali ini, terdapat perbedaan pada bentuk laporan yang harus dikerjakan oleh mahasiswa pasca kegiatan ini selesai, mereka diwajibkan untuk membuat laporan dalam bentuk penelitian. Penelitian ini diambil dari permasalahan yang mereka temukan di beberapa destinasi yang telah mereka kunjungi selama di Jakarta.
Alhamdulillah acara ini berlangsung dengan baik dan lancar dengan memberikan pengalaman bagi mahasiswa, diharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan agar dapat meningkatkan semangat para mahasiswa dan mahasiswi UNIDA dalam menggali keilmuan, memperbanyak pengalaman, melatih kemandirian ilmiah serta membangun intelektual etik dalam diri seluruh mahasiswa dan mahasiswi UNIDA diluar bangku perkuliahan. Rakafadel

Popular Articles