Date:

Share:

Fakultas Syari’ah lombakan Peradilan Semu

Related Articles

Siman- untuk meningkatkan mutu mahasiswa Fakultas Syari’ah, UNIDA Gontor mengadakan peradilan semu. Acara ini berupa rentetan kegiatan simulasi. Dari mulai workshop, penulisan skenario, pengadaan bukti-bukti, sampai praktek peradilan yang dikompetisikan. Acara ini terbilang baru karena pertama kali dilaksanakan pada tahun 2013 di kampus Siman. Diikuti oleh prodi PMH (Perbandingan Madzhab dan Hukum) dan HES (Hukum Ekonomi Syari’ah), masing-masing prodi menyumbang 3 kelompok, terdiri dari 9-12 mahasiswa.

Dimulai dengan acara Pengarahan Kompetisi Peradilan Semu oleh Dosen Martha Eri Safira, S.H. M.Hum . Jum’at (8/1) pagi sampai pukul 10.00 WIB. Setelah shalat Jum’at, dilanjutkan dengan melihat langsung contoh peradilan semu yang diperagakan oleh Mahasiswa STAIN Ponorogo. Lalu mulailah kompetisi Peradilan Semu yang ditunggu-tunggu ini pada pukul 14.30 WIB. Uniknya, sidang yang berjumlah bisa sampai sembilan sidang itu hanya diberi waktu 1 jam. Jadi, bagaimana mahasiswa bisa membuat perkara yang unik, layak dibahas, berbobot tanpa melebihi waktu yang ditentukan.

Materi yang diangkat bervariasi, ada yang mengangkat masalah perceraian, masalah wan prestasi akad ijarah, sengketa hak asuh anak, pelanggaran HAKI, juga ada yang paling menarik tentang sengketa perebutan tanah wakaf. Kompetisi ini berakhir pukul 21.00 WIB. Pengumuman pemenang lomba dilaksanakan pada malam itu juga, tepat pukul 21.30  WIB seluruh peserta lomba memenuhi CIOS Hall yang menjadi tempat penutupan lomba Peradilan Semu tersebut.

Kelompok 2 HES berpose setelah praktek peradilan semu

Pengumuman pemenang sebagai berikut: Pemenang ketiga diraih oleh kelompok 2 PMH dengan nilai 260. Juara 2 diraih oleh kelompok 2 HES dengan jumlah nilai 274, lalu juara 1 diraih oleh kelompok 1 HES yang menang tipis dari sebelumnya dengan nilai 277. Pada penutupan ini juga diumumkan Hakim ketua terbaik, saksi terbaik, penggugat terbaik, tergugat terbaik, dan dokumen terbaik. Aa_Rum

Popular Articles