Date:

Share:

Exact Club Rakit Penerima Sinyal Radio

Related Articles

DARUSSALAM— Guna memperluas wawasan santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), Exact Club sebagai satu-satunya instansi yang mengembangkan mata pelajaran di dunia eksak telah merakit sebuah penerima sinyal radio jarak pendek.“Dari praktek tersebut, kami tidak hanya merakit radio saja. Kami juga menggunakan Oskiloskop untuk mendeteksilistrik atau tegangan yang baik bagi radio juga gelombang sinyal yang tepat,” tutur Zaini, salah satu staf Laboratorium Eksak, kepada Gontor Online, Selasa (25/5) lalu.

Perakitan alat tersebut di atas hanyalah sebagaipraktek bagi santri agar mampu mengenal lebih lanjutisi, manfaat dan kegunaan radio sebelum mendalami perakitan hingga ke inti komponen-komponen tersebut.Ketika ditanya terkait bahan-bahan yang digunakan untuk merakit alat sederhana ini, Zaini menjawab, mereka tidak perlu membelibahan-bahan dari luar karena sudah tersedia di Laboratorium Eksak. Zaini juga menambahkan, cara merakit alat penerima sinyal ini mereka pelajari daribuku-buku elektronik yang tersedia. Ternyata, mereka mampu di bawah bimbingan ustadz pembimbing Exact Club.

“Alat penerima sinyal radio ini hanya dirancang untuk menangkap sinyal jarak pendeksaja, bukan siaran TM karena sekedar pengetahuan lebih dalam bagi para santri PMDG. Radio ini bersumber dari listrik ynag kemudian disaring oleh komponen- komponen tertentu, sehingga menerima sinyal dari antena dan memunculkan suara,” jelas santri asal Pasuruan itu.

Mengenai rencanakedepan, Exact Club akan merancang radio dengan komponen-komponen kecil dan langsung jadi radio siap pakai.Radio tersebut nantinya akan dilengkapi alat tertentu yang sedikit lebih rumit. Sehingga, dapat menangkap sinyal  radio dari luar negeri seperti Australia dan negara-negara lainnya. Selain merancang sinyal penerima radio, Exact Club juga mempunyai proyek lain berupa budi daya jamur tiram yang ditanam di sekitar laboratorium.Dengan adanya kegiatan ini, Exact Club berupaya menerapkan ilmu eksak yang mereka pelajari untuk kehidupan sehari-hari.



Popular Articles