Date:

Share:

Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. : Cita-cita Keabadian Gontor

Related Articles

Perjalanan sejarah begitu panjang, maka perjalanan Gontorpun harus panjang, tidak saja puluhan tahun, bahkan ratusan sampai berabad-abad hingga hari kiamat. itulah cita-cita kita, dan itu pulalah do’a-do’a yang terus kita panjatkan kehadirat Allah. Hari ini kita berdiri tegak di sini, di Gontor, berjuang, berbuat dan bekerja tidak hanya untuk hari ini, atau esok, tapi untuk kejayaan Islam di masa-masa yang akan datang. Dari Gontor, kita mengukir sejarah kebaikan, kemuliaan, keteladanan, dan sejarah peradaban Islam untuk generasi yang akan datang.

Belajar dari sejarah dan menyaksikan langsung baik yang masih eksis, bertahan bahkan berkembang seperti Al-Azhar di Mesir, atau napak tilas Syanggit di Mauritania Afrika Utara yang tersisa bekas-bekas bangunannya, Santiniketan yang sudah tidak nampak bekas-bekasnya, hanya merupakan perkampungan miskin di India, dan Aligarh di India yang masih tersisa dalam bentuk lembaga pendidikannya, memberikan inspirasi sekaligus motivasi, bahwa untuk bisa bertahan berabad-abad, seperti Syanggit dengan jiwa, ajaran dan perjuangan para pimpinannya, Al-Azhar di Mesir dengan kekuatan ilmu, dakwah dan wafatnya, maka Gontor dengan lembaga pendidikan dan dakwahnya, tidak berpolitik praktis, karena politik tertinggi adalah pendidikan.

Untuk itu, mengapa kita ragu, mengapa kita khawatir, kita takut untuk menatap masa depan cerah kebangkitan Gontor, Kebangkitan umat Islam, kebangkitan peradaban Islam di negeri ini, bahkan di dunia ini. Untuk itu, perlu bekerja keras, memaksimalkan potensi diri, mengeluarkan potensi puncak untuk mengembangkan dan memajukan Gontor ini. Allah telah menjalankan hidup kita untuk mengabdikan dan berkhidmat di jalanNya, Allah telah memilih kita untuk ikut mendidik, membina, mempersiapkan santri-santri sebagai hamba-hamba Allah yang taat, hamba-hamba Allah yang akan berjuang dan memperjuangkan kemuliaan agamaNya. *aff

 

*Dikutip dari Buku Bekal Pemimpin, hal 166

 

Popular Articles