Date:

Share:

Diskusi Umum Siswa Kelas 5 Usung Tema ‘Panca Jiwa’

Related Articles

GONTOR–Pelaksanaan Diskusi Umum Kelas 5 Kulliyyatul Mu‘alimin Al-Islamiyyah (KMI) pada Ahad (9/8) malam di Balai Pendidikan Pondok Modern (BPPM) berjalan lancar. Diskusi kali ini mengangkat tema “Panca Jiwa Dan Implementasinya Dalam Kehidupan Pengurus Rayon” dengan meninjau kondisi anggota dan pengurus rayon saat ini. Acara yang dipanitiai oleh siswa kelas 5 ini memiliki sistem yang sama dengan diskusi pada umumnya, namun peran pembanding disini digantikan dengan pemakalah, sehingga terdapat 2 pemakalah dalam acara tersebut.

Acara dimulai pukul 20.00 melalui pembawa acara, Ulil Abshor, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Naufal Zharfan lalu acara Diskusi Umum dipimpin oleh Nurul Faizin sebagai moderator pada diskusi kali ini. Adapun pemakalah 1, Muhammad Faiz Mahdy dan pemakalah 2, Haikal Afriadi.

Adapun judul pemakalah 1 pada Diskusi Umum Kelas 5 ini adalah “Panca Jiwa Dan Implementasinya Dalam Kehidupan Pengurus Rayon” sedangkan judul pemakalah 2 “Kendala-Kendala Dalam Penerapan Nilai Panca Jiwa Di Kalangan Pengurus Rayon”. Masing-masing pemakalah menyampaikan makalahnya selama 15 menit, lalu acara dilanjutkan dengan termin pertanyaan.

Jalannya Diskusi Umum diakhiri dengan sesi evaluasi oleh Al-Ustadz Drs. H. Rif’at Husnul Ma’afi M.Ag sebagai Pembimbing Diskusi Umum Siswa Kelas 5 kali ini. Di penghujung acara “Hari ini adalah hari yang bersejarah, acara dilaksanakan oleh petugas-petugas tanpa grogi, padahal dihadapan 700 siswa kelas 5, adik-adik kelas dan para asatidz pembimbing. Melebihi target saya yang hanya 1 sampai 2 halaman, ternyata melebihi. Karena fasilitas nya ada dan pembimbingnya juga ada. Terima kasih, makalahnya luar biasa.” Ujar Al-Ustadz Rif’at Husnul di sesi evaluasi, (9/8) Malam.

Adanya diskusi ini diharapkan dapat menjadi pendidikan bagi santri dalam pengaturan waktu, pencarian bahan dan rujukan secara mandiri, tanpa mengambil dari internet. Juga melatih santri untuk belajar mengetik, membuat makalah baik dan benar serta berusaha untuk melakukan sesuatu sendiri.

Diskusi Umum diadakan selama 1 tahun sekali, kegiatan ini bertujuan agar seluruh siswa kelas 5 KMI mengetahui alur pelaksanaan diskusi yang baik dan benar. “Fungsi dari Diskusi Umum ini ialah sebagai wajah atau contoh dari Diskusi Mingguan. Ini lebih diprioritaskan agar pemakalah dapat tampil maksimal. Hingga diadakan karantina bagi pemakalah selama pembuatan makalah.” Papar Faqih, staf Forum Pengembangan Potensi Dan Wawasan Santri (FP2WS). Syarif/red-Rakafadel

 

Popular Articles