Date:

Share:

Demonstrasi Bahasa : Menjadikan Adanya Suatu Kekuatan Mutlak Bhinneka Tungga Ika di PMDG

Related Articles

DARUSSALAM – Demonstrasi Bahasa di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), merupakan suatu acara untuk menampilkan keunikan bahasa dari tiap daerah yang ada di Indonesia, acara ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan untuk memperkenalkan Bhinneka Tunggal Ika di PMDG. Pada Demonstrasi Bahasa kali ini, tidak sedikit dari santri khususnya santri baru di PMDG terpukau akan keberagaman bahasa yang ada di Indonesia.

Demonstrasi Bahasa merupakan salah satu rentetan kegiatan Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (22/6) pukul 20.00 WIB, di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) dan dibuka oleh Al-Ustadz Fawwaz Ahmad Zarkasyi, Lc., M.A. Kepanitiaan acara ini dikoordinir oleh santri kelas 3 Intensif dan kelas 4 KMI, kegiatan ini diikuti oleh beberapa konsulat dan yang menampilkan bahasanya, diantaranya adalah : Konsulat Jambi (Defri, 1 Intensif G) dengan Bahasa Bungo dan Kerinci, Konsulat Kalimantan (Aqla, 4-G) dengan Bahasa Banjar, Konsulat Sumatra Selatan dan Bengkulu (Muhammad Naufal, 3 Intensif I) dengan Bahasa Sekayu, Konsulat Priangan (Raihan Alauddin Ghaisan, 3 Intensif L) dengan Bahasa Sunda, Konsulat Sumalia (Sulawesi, Maluku, dan Irian Jaya) (Biyan, 4-G) dengan Bahasa Bugis, Konsulat Surabaya (Rafi, 3 Intensif I) dengan Bahasa Jawa. Keenam Konsulat ini ditunjuk sebagai perwakilan dalam acara ini, karena bahasa yang mereka pakai adalah mayoritas bahasa yang digunakan di Indonesia.

Kegiatan ini juga membuktikan betapa kuatnya Bhinneka Tunggal Ika di PMDG, walaupun banyaknya santri dari berbagai macam daerah, mereka semua mampu menghargai perbedaan itu dan menikmati acara ini dengan khidmat.Muzami

Popular Articles