Date:

Share:

DEMA Gelar Workshop Quantum Tahfizh Qur’an Bagi Mahasiswa Guru

Related Articles

GONTOR-Dalam rangkaian peringatan Tahun Baru Islam 1439 H di Pondok Modern Darussalam Gontor, Dewan Mahasiswa (DEMA) menggelar workshop yang bertema “Quantum Tahfizh” bagi Mahasiswa Guru, dengan pembicara Al-Ustadz Dana Akhmad Dahlani,Lc. Direktur Pondok Pesantren Tahfizh Qur’an Qurrota A’yun Ponorogo, Jawa Timur. Acara ini diselenggarakan di Aula Robitoh Gontor, Rabu (20/9) dimulai sejak pukul 20.30 – 22.10 WIB.

“Menghafal Al-Qur’an itu mudah, Cuma tergantung kitanya saja, mau apa tidak menghafal Al-Qur’an” ungkap Tutor Ilmu Qiraat dan Tajwid di Markaz Qur’an dan Markaz Sirah Unida Gontor, Rabu (20/9) malam.

Dalam pemaparannya beliIMG_8466au menjelaskan beberapa alasan, mengapa kita harus menghafal Al-Quran, diantaranya adalah:

1.Menjaga keaslian/keotentikan Al-Qur’an
2.Menghafal Al-Qur’an itu mudah
3.Banyak kemuliaan yang akan di dapat oleh seorang penghafal Al-Quran

Sebagai umat muslim seyogyanya berusaha berinteraksi lebih dekat dengan Al-Qur’an, membacanya, memahaminya, bahkan menghafalnya hingga diluar kepala, itu akan menjadi lebih baik tidak hanya bagi kita, tapi juga untuk santri-santri generasi penerus.
Kepada 150an peserta workshop yang hadir, Ust. Dana memperkenalkan metode Tahfidz yang tepat bagi mahasiswa guru Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) yang berdomisili di Gontor, walaupun banyak kegiatan yang mereka kerjakan di pondok, diantaranya:

1.Membuat program harian menghafal Al-Qur’an
dengan rincian sebagai berikut:
a. Pukul 04.30 – 06.00 untuk menyetor hafalan baru kepada Muhafidz
b. Pukul 18.00 – 19.00 untuk murajaah hafalan kepada Muhafidz
c. Pukul 22.00 – 23.00 untuk setoran ekstra

2.Membuat target hafalan
a. Dalam sehari minimal 1 halaman
b. Dalam seminggu minimal 5 halaman
c. Satu bulan sebanyak 1 Juz
d. Khatam 30 Juz dalam waktu 2 tahun

3.Membuat Komunitas Tahfidz Al-Qur’an
Dengan adanya komunitas ini, maka satu sama lain akan saling memotivasi untuk selalu istiqomah dalam menghafal Al-Qur’an dan menggapai target.

Sebelum pemateri menyampaikan isi workshop, moderator Al-Ustadz Raka Fadel memutar 2 video, dalam 2 video itu menunjukkan, 2 anak yang lancar menghafal Al Quran, tidak hanya itu, mereka pun mengetahui posisi dan nomor ayatnya dalam Al-Qur’an. Subhanauloh. Setelah itu ada video dari salah seorang ulama besar, yang mampu memaparkan seluruh masalah dan solusi dalam kehidupan kita bersumber dari Al-Quran.
Dengan diadakannya Workshop ini, besar harapan DEMA kepada para mahasiswa untuk berperan aktif dalam kegiatan tahfizh yang sudah diadakan ini, sehingga bisa tercipta lingkungan Halaqoh Ahlul Qur’an bagi para mahasiswa guru di PMDG. Rafa

Popular Articles