Date:

Share:

Delegasi Gontor Isi Seminar “Pondok Pesantren” di Thailand

Related Articles

THAILAND–Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengirim delegasi Dr. H. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A. sebagai narasumber perwakilan dari Indonesia dalam Seminar bertema Pengembangan Institusi Pondok terhadap Asosiation of South East Asia Nation (ASEAN) di Cana, Songkhla, Thailand pada Senin, 7 Maret 2016.

Dengan didampingi oleh salah seorang mahasiswa pascasarjana Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor asal Thailand, Ridwan Chessae, S.H.I., alumni Gontor tahun 1978 tersebut sukses melaksanakan program selama satu minggu (5-12/3) itu. Kegiatan diawali dengan kunjungan ke beberapa tempat sejarah di Thailand, seperti Masjid “Gresik”, Pondok Tradisional Palas Pattani, Pondok Al-Hasanah Naratiwat, dan Masjid 300 Tahun Lukmanuk. Dilanjutkan dengan seminar pada hari berikutnya, yang dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat, dengan dihadiri oleh sekitar 1000 orang ulama/pimpinan pondok se-Thailand.

Pada kesempatan ini, dekan Fakultas Humaniora UNIDA Gontor tersebut menceritakan sejarah perkembangan pesantren di Indonesia. Termasuk juga dengan kisi-kisi tentang ulama, di mana sebagian besar dari mereka justru berlatarbelakang atau alumni pesatren, bukan dari sekolah umum. Di samping itu, pesantren juga tetap mengajarkan ilmu umum, yaitu dengan menggabungkan ulum islamiyyah dengan pelajaran umum di dalam kurikulumnya.

Selain beliau, turut hadir sebagai narasumber beberapa guru besar dari Universitas Utara Malaysia, Universitas Rajbat Thailand, dan Universitas Fathoni Thailand.

Pada dasarnya, pengadaan seminar ini bertujuan untuk menghidupkan kembali visi misi pondok pesantren di Thailand, mengingat akan banyaknya paradigma negatif terkait pesantren di Thailand, yang menyebabkan beberapa pesantren di Negara Lumbung Padi tersebut berubah menjadi sekolah umum.

Sekedar info, perjalanan kali ini tidak menelan banyak biaya, karena kuatnya relasi IKPM Cabang Gontor di sana. Selain itu, ada juga bantuan dari beberapa wali santri dalam hal akomodasi, transportasi, dan konsumsi. Dan yang terpenting, kondisi seperti ini tidak terjadi hanya di Negara Thailand, melainkan di beberapa daerah, kota, provinsi, hingga Negara, di mana di dalamnya terdapat alumni Gontor. b.Dasasta

Popular Articles