Date:

Share:

Dekan Fakultas Dirasat Islamiyyah Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir Kunjungi Gontor

Related Articles

GONTOR–Kembali, Pondok Modern Darussalam Gontor kedatangan tamu agung dari luar negeri. Kali ini Prof. Dr. Jadd el-Rabb Amin Abdul Majid, Dekan Fakultas Dirasat Islamiyyah Universitas Al-Azhar Kairo Mesir menyempatkan diri untuk bersilaturahim dengan keluarga besar PMDG. Sebelum berkunjung ke Gontor, beliau mengunjungi beberapa lembaga-lembaga pendidikan milik Al-Azhar yang berada di Indonesia. Beliau juga sempat berkunjung ke Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta.

Hari Ahad (31/12) Prof. Dr. Jadd el-Rabb didampingi oleh Al-Ustadz Akrimul Hakim (Staf Majalah Gontor Jakarta) terbang dari Jakarta ke Solo, dilanjutkan perjalanan ke PMDG Putri Kampus 1 Mantingan, Ngawi untuk bermalam disana. Beliau sempat berceramah di depan para santriwati dan guru di Masjid Jami’ Gontor Putri sebelum dan setelah shalat maghrib.

Senin pagi (1/1) rombongan berangkat menuju Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Namun, rombongan menyempatkan untuk singgah sejenak di PMDG Putri Kampus 3 di Karangbanyu, Kec. Widodaren, Ngawi. Beliau juga berkenan untuk berceramah singkat di depan para santriwati di Masjid Jami’ Gontor Putri kampus 3. Segera setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pondok Modern Darussalam Gontor di Ponorogo.

Pukul 11.00 WIB rombongan tiba di Gontor, dan disambut oleh Pimpinan Pondok beserta para Ketua Lembaga di kantor pimpinan PMDG. Dalam pertemuan yang sangat hangat tersebut, Prof. Jadd banyak menceritakan tentang kecintaan Imam Besar Al-Azhar kepada Gontor, dan kepada Indonesia pada umumnya. Begitupula Gontor, K.H. Hasan Abdullah Sahal menyampaikan kesan mendalamnya bersama Grand Syaikh Al-Azhar, baik saat kunjungan Grand Syaikh ke Gontor, maupun sebaliknya. Tak terasa, obrolan berlangsung selama satu jam. Rombonganpun menuju Hotel UNIDA untuk beristirahat.

Prof. Dr. Jadd el-Rabb Amin Abdul MAjid saat menyampaikan ceramah di depan para santri di Masjid Jami' PMDG
Prof. Dr. Jadd el-Rabb Amin Abdul Majid saat menyampaikan ceramah di depan para santri di Masjid Jami’ PMDG

Sore harinya, Prof. Dr. Jadd el-Rabb mengisi ceramah di Masjid Jami’ PMDG. Selama kurang lebih 45 menit, beliau menyampaikan banyak motivasi kepada para santri untuk lebih giat menuntut ilmu. “Orang yang menuntut ilmu akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. dan akan dimudahkan jalannya menuju surga.” Tegas beliau kepada para hadirin. Usai ceramah, rombongan kembali menuju Hotel dan beristirahat.

Esoknya, Prof. Dr. Jadd el-Rabb dijadwalkan untuk mengisi seminar di Gedung Utama lantai 4 Universitas Darussalam Gontor. Seminar yang diadakan oleh mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab ini mengusung tema “Bahasa Arab dan Peranannya dalam Peradaban Dunia”. Usai seminar, beliau dijamu oleh Rektor Universitas Darussalam Gontor, sebelum akhirnya meninggalkan kampus UNIDA menuju ke obyek wisata Sarangan.

Semoga kunjungan selama 3 hari di Pondok Modern Darussalam Gontor memberikan manfaat bagi seluruh keluarga besar PMDG, khususnya para santri dan mahasiswa, juga meninggalkan kesan yang baik bagi Prof. Dr. Jadd el-Rabb Amin Abdul Majid. Menjadi harapan besar, agar kelak para alumni Gontor maupun UNIDA dapat menimba ilmu lebih dalam di Universitas Al-Azhar Kairo, khususnya di Fakultas Dirasat Islamiyyah.brada

Popular Articles