Date:

Share:

Ciptakan Pemimpin Bangsa Dari Gladian Pinsa Pinru

Related Articles

DARUSSALAM – Pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor tidak hanya diterapkan di dalam kelas semata, tapi juga diterapkan di luar kelas seperti ekstrakurikuler di pondok. Salah satunya terdapat pada kepramukaan, di mana di dalamnya kita diajarkan tentang kepemimpinan dan kepribadian yang mandiri. Untuk tujuan tersebut, diadakanlah acara Gladian Pimpinan Sangga dan Pimpinan Regu (Pinsa Pinru) pada hari Ahad (22/08) sampai hari Selasa (24/08).

“Peserta Gladian Pinsa Pinru diambil dari setiap ketua kelompok. Mereka diajari semua keterampilan berpramuka, agar bisa menjadi teladan bagi teman-temannya yang lain. Kita ajarkan masing-masing ketua kelompok yang notabene bukan dari anggota pasukan khusus, kita latih, kita didik secara intensif agar mampu mengimbangi,” ujar Al-Ustadz Caesardi Andhita Fari Kusuma, selaku salah satu staf Majelis Pembimbing Koordinator Harian (MABIKORI).

Acara Gladian Pinsa Pinru ini dibuka pada hari Ahad (22/08) di aula pertemuan gedung Rabithah, yang selanjutnya diisi oleh materi keterampilan berpramuka sampai pada hari Selasa (24/08). Setiap ketua kelompok diajarakan tentang tali temali,  retorika berupacara, Latihan Kerampilan Baris Berbaris (LKBB), serta teori Survival. Mereka diajarakan oleh beberapa asatidz dari Majelis Pembimbing Gugus Depan (MABIGUS) dan Majelis Pembimbing Asistent (MABITEN) dari Dewan Kerja Kordinator (DKK).

Waktu pelaksanaan sesi penyampaian materi berlangsung pada saat jam pelajaran sore di siang hari serta ketika sore hari, bertempat di aula gedung Rabithah dan lapangan windu dengan tujuan agar tidak menggangu kegiatan santri yang lain. Adapun setiap peserta diwajibkan membayar 20 ribu untuk biaya sertifikat, Co-card dan konsumsi ketika acara.

Panitia Acara Gladian Pinsa Pinru diamanatkan kepada siswa kelas 5 Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) yang berjumlah 40 orang, yang diketuai oleh Rifqi Faiz kelas 5-S, Alviano Yumna 5-L dan Bimo Wiramata 5-I serta ditambah dari staf Koordinator Gerakan Pramuka. Adapun pembimbing dari staf MABIKORI adalah Al-Ustadz Adiyaksa dan Al-Ustadz Caesardi Andhita Fari Kusuma. Dinulcahya

Popular Articles