Date:

Share:

Cetak Generasi Qur’ani, UNIDA Putri Kampus 5 Adakan Ujian Tahfidz Al-Qur’an

Related Articles

KANDANGAN – Sejak beralih nama dari yang sebelumya Institut Studi Islam Darussalam (ISID) kemudian resmi menjadi UNIDA di tahun 2014 lalu, kampus bertaraf internasional ini selalu memberikan dan membuat banyak program-program unggulan. Salah satu dari banyaknya program tersebut adalah Tahfidz Al-Qur’an bagi seluruh mahasiswa/i. Maka selain dinamika keilmuan yang apik dan menarik, UNIDA juga menggembleng mahasiswa/i didalamnya untuk terus mencetak generasi Qur’ani di muka bumi ini.

Merujuk pada visi hebat yang UNIDA miliki, yaitu menjadi universitas unggulan yang mengintegrasikan sains, teknologi, dan ilmu-ilmu kemanusiaan dengan ilmu-ilmu keislaman. Maka hadirnya lembaga pendidikan ini tidak hanya untuk melahirkan generasi yang mahir akan ilmu dan kuat akan mental, melainkan pendidikan kerohanian mahasiswa/i pun juga turut diperhatikan, dengan salah satu cara nya adalah mengadakan ujian Tahfidz Al-Qur’an sebelum ujian akhir semester diselenggarakan. Hal inilah yang mampu meningkatkan para mahasiswa/i menjadi generasi Qur’ani yang berpendidikan.

Salah satu Kampus UNIDA yang berkewajiban untuk mengadakan kegiatan ini adalah UNIDA Putri Kampus 5 di Kandangan, Kediri. Kegiatan yang diadakan pada hari Ahad (15/10) malam, dihadiri oleh seluruh mahasiswi reguler yang kesemuanya termasuk peserta ujian tahfidz. Demi mendapatkan predikat baik dan hafalan yang mumpuni, para mahasiswi pun terus menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an yang sudah termasuk batas materi hafalan mereka dengan segiat mungkin.

Adapun batasan hafalan yang ditentukan setiap semester berbeda, semester pertama menghafal setengah dari juz dua puluh sembilan, semester ketiga menghafal setengah dari juz pertama, semester kelima dan ketujuh sama-sama menghafalkan setengah dari  juz kedua, dan adapun muhafidz nya berasal dari para mahasiswi sarjana strata 1 tahun ini dan beberapa guru senior yang ikut terlibat.

Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an ini diadakan UNIDA di setiap kampusnya sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Semester. Dan bagi mahasiswa/i yang belum menyelesaikan hafalannya atau belum mengikuti ujian tahfidz, maka dikenakan sanksi tegas untuk tidak dapat mengikuti Ujian Akhir Semester pada semester reguler yang sudah mereka ambil pada tahun ajaran saat itu,

Semoga apa yang sudah diusahakan oleh seluruh mahasiswa/i dalam program Tahfidz Al-Qur’an ini, akan mendapat jaza’ yang setimpal dari Allah SWT. Amiin. dataGP5

Popular Articles