Date:

Share:

Bermuhasabah Diri di Malam Tahun Baru Hijriyah

Related Articles

GONTOR–Rabu Malam (19/8), Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1442 di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Acara ini merupakan salah satu rutinitas pondok yang selalu diadakan setiap tahunnya, dengan bertujuan agar seluruh santri dapat memahami dan mengambil hikmah serta pelajaran dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya dari kota Makkah ke Madinah.

Acara ini berjalan dengan hikmat dan lancar, dihadiri oleh Pimpinan Pondok K.H. Hasan Abdullah Sahal beserta guru-guru dan santri PMDG. Pada kesempatan ini, Al-Ustadz M. Kurnia Rahman Abadi, MM. ditunjuk sebagai penceramah untuk menyampaikan pidato tentang tahun baru hijriyah. Beliau menyampaikan tentang sejarah awal penetapan penanggalan kalender hijriyah di masa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah.

Di akhir pidatonya beliau berpesan, “Dengan berakhirnya tahun 1441 hijriyah dan datangnya 1442 hijriyah suatu hal yang pasti bahwa usia kita bertambah, tapi di saat yang bersamaan jatah usia kita juga berkurang. Sudah selayaknya bagi kita menghisab diri kita sebelum kembali kepada Allah SWT”. Berikut pesan yang diharapkan agar kita dapat selalu bermuhasabah di setiap waktu dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik, sebagai persiapan diri sebelum kembali kepada Allah SWT. Sholih

Popular Articles