Date:

Share:

Berbahasa Daerah? Hanya di Demonstrasi Bahasa…

Related Articles

GONTOR–Santri Gontor datang dari beragam daerah di Indonesia maupun mancanegara, semuanya bersatu dalam sebuah disiplin teratur ala Gontor, tak satupun boleh menggunakan bahasa daerah dalam percakapan sehari-hari, semua berbicara dengan Bahasa Arab dan Inggris. Namun dalam beberapa kesempatan, santri diperbolehkan untuk menunjukkan kebolehannya dalam berbahasa daerah, maka di Demonstrasi Bahasa dan Rebana-lah tempatnya.

Acara Demonstrasi Bahasa dan Rebana ini diadakan Kamis malam lalu (11/8), bertempat di Aula BPPM dan dibuka secara langsung oleh Al-Ustadz Mujib Abdurrahman, Lc. Tujuan dari acara ini tidak lain untuk mengenalkan sepada segenap santri bahwa Indonesia kaya akan ribuan bahasa dan budaya, selain itu, menunjukkan bahwa Bhinneka Tunggal Ika sangat terwujud di Gontor.

Tampil beberapa konsulat dalam acara ini menggunakan bahasa daerahnya yang tersajikan dengan drama singkat, seperti konsulat Cirebon dengan bahasa Sundanya, konsulat Surabaya dengan logat Jawa Timur yang tegas dan lantang, konsulat Sumalia dengan bahasa Bugisnya, konsulat Surakarta-Yogyakarta dengan logat Jawa Tengah yang halus. Selain itu, tampil pula penampilan marawis dari konsulat Jakarta sebagai salah satu unsur kelengkapan acara tersebut yang cukup meramaikan acara. Sand88

Popular Articles