Date:

Share:

Bentuk Jiwa Kemandirian Gontor Adakan Perkemahan Kamis Jum’at

Related Articles

Gontor – Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) menyelenggarakan Perkemahan Kamis-Jum’at (Perkajum) untuk para santrinya. Ini merupakan satu momen yang sangat ditunggu oleh para santri pecinta pramuka. Tujuan diadakannya acara tersebut adalah membentuk jiwa  kemandirian, kemasyarakatan, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap alam dan peduli terhadap sesama, sehingga mereka dapat hidup mandiri dan menjadi orang yang selalu memberi manfaat dan pengaruh positif terhadap masyarakat dimanapun mereka berada.

Acara Perkajum dibuka oleh Al-Ustadz M. Afif Chamidi, S.Th.I dengan Upacara Pelepasan Kontingen yang diadakan pada Kamis siang (8/2), depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) pukul 14.00 WIB. Setelah upacara, satu demi satu kontingen berjalan rapi menuju bumi perkemahan (buper) yang bertempat di desa Wilangan, dengan diiringi lagu dan yel-yel andalan dari tiap-tiap POT, suasana panas pada siang hari itu berubah menjadi sejuk dan rindang.

Setibanya di buper, seluruh peserta segera mendirikan tenda untuk beristirahat pada malam harinya. Pukul 20.30, Penampilan Pentas Seni pada acara Malam Unggun Gembira oleh santri-santri gontor dimulai. Acara pentas seni meliputi: Marawis, Nasyid, Perbeda, Persada, MBGND, Tari Papua, Tari Sintuwu Poso, Puisi, dan Drama. Acara pada malam itu ditutup dengan api unggun yang menghangatkan suasana.

Esok harinya, Jum’at pagi (9/2), seluruh peserta perkajum mengadakan senam bersama di lapangan buper, dilanjutkan dengan sarapan pagi dan hiking untuk menguji kekompakan tiap-tiap kelompok. Seusai shalat Jum’at, para peserta segera melakukan pembersihan total tempat pentas seni juga buper, lalu kembali menuju pondok untuk meneruskan kegiatan seperti biasanya. Muis

Popular Articles