Date:

Share:

Belajar Malam Keliling Terbimbing: Tingkatkan Miliu Belajar Santri

Related Articles

DARUSSALAM–Demi terciptanya suasana belajar malam yang kondusif dan efektif pada masa-masa ujian santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), maka Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) mengadakan kegiatan belajar malam keliling yang dibimbing langsung oleh seluruh bapak guru KMI. Berbeda dengan hari-hari biasanya, ketika sudah memasuki masa-masa ujian, para santri diperbolehkan untuk belajar malam di luar kelas, tetapi tetap di dalam area pondok sesuai batasan yang telah ditentukan.

Sabtu malam (31/4) ba’da isya, kegiatan ini resmi dibuka oleh Bapak Pimpinan, K.H. Syamsul Hadi Abdan. Terlihat seluruh bapak guru berbaris rapi di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), menandakan keseriusan bapak guru untuk mensukseskan belajar para santri. Belajar malam keliling di area pondok ketika masa-masa ujian santri terbilang sangat efektif, santri bisa lebih leluasa menentukan pola belajar masing-masing di tempat yang memudahkan mereka untuk menghafal dan memahami pelajaran-pelajaran.

“Santri-santri di hadapan kita ini adalah santri-santri yang masih berada dalam masa daurul murohaqoh (masa perubahan/remaja), masih perlu dibimbing dan diawasi, terlebih dalam proses belajarnya. Maka sebagai guru sekaligus wakil orang tua di pondok, kita harus banyak ikut campur dalam kehidupan mereka, membimbing, mengingatkan, memotivasi, memperhatikan pola belajar mereka, apalagi dalam waktu-waktu menghadapi ujian ini. Ini adalah tugas yang sangat mulia, maka laksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya.” Ujar K.H. Syamsul Hadi Abdan saat membuka kegiatan belajar malam keliling terbimbing. rukh

Popular Articles