Date:

Share:

Belajar Kitab Kuning dengan Kegiatan Fathu Kutub Turast Al-Islami

Related Articles

GONTOR–Sabtu (11/12), Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) PM. Gontor menyelenggarakan Pembukaan Kegiatan Fathu Kutub Turats Al-Islami bagi siswa kelas 5 di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Acara ini diadakan selama 5 hari, dibuka pada hari Sabtu-Rabu, 14-18 Desember 2019. Diikuti oleh 708 siswa dan 80 guru pembimbing, yang terbagi menjadi 44 kelompok.

Rabu pagi (11/12), Siswa Kelas 5 KMI terlebih dahulu diberikan pengarahan materi Fathul Kutub, yaitu Materi Aqidah, Hadits, Fiqh, dan Tafsir, sebagai bekal mereka untuk mengikuti kegiatan tersebut. Setelah pengarahan, barulah siswa mulai melakukan pembahasan kitab dan diskusi dari permasalahan-permasalahan pada tiap materi. Adapun Pembahasan kitab dan diskusi dilaksanakan dalam 7 sesi.

Pada Fathul Kutub ini, Direktur KMI, Al-Ustadz K.H. Masyhudi Subari, M.A. berharap siswa kelas 5 sudah dapat membuka, membaca, dan memahami kitab-kitab kuning dengan mandiri. “Gontor sudah memberikan kunci-kunci untuk membuka kitab turats (kuning), yaitu Bahasa (Bahasa Arab), dan sekarang saatnya kalian untuk menggunakan kunci tersebut. Gunakan waktu yang berharga ini dengan baik”, tutur K.H. Masyhudi Subari, M.A. di sela-sela sambutan pada Pembukaan acara.

Kegiatan ini ditutup dengan pembacaan kesan dan pesan siswa kelas 5 selama mengikuti kegiatan Fathul Kutub. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada siswa-siswa terbaik dan teraktif. Diakhiri dengan perfotoan bersama Direktur KMI, guru pembimbing, dan seluruh siswa kelas 5 KMI. rukh

Popular Articles