Date:

Share:

Bekali Santri Jiwa Qur’ani, PMDG Adakan Tahsinu-l Qira’ah.

Related Articles

DARUSSALAM–Dalam meningkatkan kemampuan para santrinya dalam membaca Al-Qur’an Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan kegiatan Tahsinu-l Qira’ah. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, dimulai dari hari Jum’at (4/9) sampai dengan hari Selasa (8/9), di Gedung Yaqdzoh dan Masjid Jami’ PMDG. Kegiatan ini diikuti oleh santri kelas 5 dan 6 Kuliyyatul Mu‘allimin Al-Islamiyyah (KMI). Peserta dari kelas 6 terdiri dari 10 orang santri perwakilan tiap kelas, sedangkan peserta kelas 5 berasal dari perwakilan pengurus rayon.

Sebelum masuk ke pembelajaran, diadakan ujian pre test untuk mengelompokkan para peserta sesuai dengan taqdir (tingkatan) bacaannya masing-masing. Pengelompokkan tersebut terbagi ke dalam 4 kelompok, diantaranya: jayyid jiddan (baik sekali), jayyid (baik), maqbul (cukup), dan dha’if (kurang). Hal ini bertujuan agar para pengajar mampu mengetahui kadar bacaan masing-masing santri.

Pada hari selanjutnya para peserta diajarkan cara membaca Al-Qur’an: mulai dari hukum tajwid, hukum makhariju-l huruf, sampai tentang ayat gharibah. Kegiatan Tahsinu-l Qira’ah dibimbing secara langsung oleh para asatidz Jam‘iyyatul Qurra’ (JMQ). Melalui kegiatan ini, siswa kelas 5 dan 6 diajari bagaimana cara melantunkan bacaan Al-Qur’an dengan baik. Hafidhrafi

Popular Articles