Date:

Share:

Bekali Pengurus Organisasi dengan MOC

Related Articles

DARUSSALAM–Siswa kelas 5 dan kelas 6 Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) merupakan santri senior yang akan menjadi contoh bagi adik kelasnya. Sebagai bentuk pendidikan mereka, mereka mendapatkan amanat untuk bertugas di berbagai kepengurusan organisasi. Organisasi tersebut dimulai dari rayon, konsulat, klub, kursus, bahkan hingga Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) yang merupakan organisasi santri tertinggi. Dan untuk menjadi bekal mereka dalam kepengurusan, Gontor mengadakan kegiatan Penataran Managemen dan Organisasi atau Management and Organization Course (MOC).

“Acara MOC sendiri diadakan sebagai bentuk transformasi nilai-nilai pondok, sebagai perpeloncoan dan kaderisasi untuk para pengurus rayon, pengurus OPPM serta Koordinator dari kelas 5 dan 6 agar dapat menjadi manajer dan organisator yang baik. Acara MOC ini sengaja dilibatkan hanya dari ketua, sekretaris dan bendahara organisasi karena ketiga bagian tersebut merupakan inti dari semua bagian; ketua bagian diarahkan agar bisa memimpin teman-temannya, sekertaris diajarkan agar dapat mengadakan pendataan yang baik dan bendahara dibimbing agar dapat menjaga keuangan dengan baik.” Ujar Al-Ustadz Zidan Muzakkar Habiburrahman salah satu staf Pengasuhan Santri.

Acara MOC mulai diadakan pada hari Sabtu (29/08) dan ditutup pada hari selasa (01/09). Materi yang disampaikan pada acara ini terdiri dari definisi organisasi oleh Al-Ustadz H. Rahmatullah Furqon, M.Pd., manajemen organisasi oleh Al-Ustadz Saepul Anwar, M.Pd., administrasi kesekretariatan oleh Al-Ustadz Nazeeh, Lc., administrasi keuangan oleh Al-Ustadz Faisal Risaldy, S.I.Kom dan Al-Ustadz Akhmad Khaerul Umam, S.E., Public Relationship oleh Al-Ustadz Royyannicko Maulana dan Al-Ustadz Muhammad Isa, S.H., serta Leadership oleh Al-Ustadz Drs. H. Yoyok Suyoto Arief, M.Si. sekaligus penutupan. Pemateri yang ada di MOC ini dipilih berdasarkan keahlian pada bidang yang mereka miliki.

Acara MOC ini tidak melibatkan anggota kelas 1 sampai 4 karena mereka masih belum terlalu paham dalam hal berorganisasi, kecuali kelas 4 yang memang dilibatkan dalam kepengurusan di rayon, sebagai kaderisasi untuk pengurus rayon tahun depan dan kelas 5 untuk pengurus OPPM nantinya. Acara MOC ini hanya sebagai pengarahan tentang keorganisasian, sisanya nanti akan mereka terapkan latihannya didalam rayon dan bagian-bagian OPPM.

Kepanitian MOC diamanatkan kepada siswa kelas 4 dan 3 intensif KMI berdasarkan musyawarah dari pengasuhan santri, yang dilantik pada awal bulan Agustus lalu. Panitia MOC ini berjumlah 90 orang sedangkan peserta MOC berjumlah 370 orang yang diambil dari anggota bagian OPPM, Kordinator dan Instansi. Setiap peserta MOC diwajibkan melunasi pembayaran sebesar 20 ribu rupiah untuk keperluan sertifikat, Co-card, notebook dan konsumsi. Dinulcahya

Popular Articles