Date:

Share:

Basketball Coaching Clinic Perdana Sukses Diadakan

Related Articles

GONTOR–Sejak dulu, bola basket merupakan salah satu olahraga yang cukup banyak digemari oleh para santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Bahkan, pada tahun 2000-an Gontor beberapa kali mewakili Jawa Timur dalam Pekan Olah Raga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) cabang bola basket. Tapi, karena beberapa alasan, Gontor tidak lagi mengirimkan utusannya sejak tahun 2010. Meskipun begitu, perkembangan bola basket di Gontor tetap berjalan dengan baik. Kini, di PMDG Kampus Pusat saja terdapat 8 lapangan basket yang cukup baik, dengan satu lapangan indoor. Jumlah klub basket juga paling banyak dibanding dengan cabang olahraga lainnya, yaitu 6 klub.

Dengan banyaknya santri yang memilih bola basket sebagai ekstra-kurikulernya, maka para pembimbing dari para guru, diketuai oleh Al-Ustadz Muhammad Iqbal Vicry berinisiatif untuk mengadakan kegiatan Basketball Coaching Clinic, yaitu pelatihan bagi para pelatih bola basket untuk yang pertama kalinya. Acara yang diselenggarakan dari hari Sabtu (3/2) hingga hari Senin (5/2) itu, diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari berbagai kampus PMDG di dalam Jawa. Selain para siswa KMI kelas 3-5, para guru yang aktif dalam ekstra-kurikuler bola basket juga mengikuti pelatihan tersebut.

Coach Hakim saat me
Coach Hakim saat menerangkan prinsip dasar kepelatihan bola basket di Aula Rabithah

Untuk memberikan pengetahuan secara maksimal, baik teori maupun praktek, panitia mengundang Al-Ustadz Aris Hakim, S.Pd. sebagai tutor dalam kegiatan ini. Beliau adalah salah seorang alumni Gontor tahun 2004 yang banyak berkiprah dalam dunia perbasketan, hingga mendirikan Exotic Professor Basketball Club pada tahun 2006 di Tangerang Raya. Saat ini beliau aktif membina dan mengembangkan sebuah akademi olahraga bernama Exotic professor Sport Academy yang dirintisnya pada tahun 2013 di Jakarta. Akademi tersebut memiliki 3 cabang olahraga, yakni bola basket, futsal, dan panahan. Nama Exotic sendiri, diilhami oleh nama salah satu klub basket di Gontor, dimana ia dulu mulai mengenal dan berlatih olahraga yang ditekuninya saat ini. Selain itu, beliau juga menjadi pelatih tim basket di berbagai sekolah di Jakarta.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat bertambah wawasan dan pengalamannya, khususnya dalam kepelatihan bola basket. Ini semua tidak lepas dari implementasi moto PMDG, yakni berbadan sehat dan berpengetahuan luas. Tujuan berolahraga adalah untuk membentuk generasi yang kuat secara fisik dan mental. Semoga, di masa yang akan datang, Gontor dapat melahirkan para pemain dan pelatih yang baik, yang mampu mendidik para pemain dan pelatih dengan baik.brada

Popular Articles