Date:

Share:

Asah Kemandirian Santri Baru dengan Perkajum

Related Articles

Gontor–Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) selalu menanamkan jiwa kemandirian, kepedulian, dan kesungguhan pada diri santri-santrinya dengan beragam aktivitas, salah satunya dengan Perkemahan Kamis dan Jum’at (Perkajum). Koordinator Gerakan Pramuka Gugus Depan 15089 pada akhir semester ini telah mengadakan perkajum sebanyak 3 gelombang dan kali ini adalah yang ke-4, khusus untuk santri baru.

Kegiatan ini diselengarakan selama 2 hari, yaitu pada hari Kamis–Jum’at, 15-16 J. Tsaniah 1440 / 21-22 Februari 2019 di Desa Tugu, Kec. Mlarak. Diikuti sebanyak 480 peserta, dengan 20 orang penggalang dan 20 orang penegak di setiap Gugus Depan (Gudep). Panitia penyelenggara kegiatan ini adalah santri kelas 5 dan pengurus Koordinator Gerakan Pramuka yang berjumlah 44 orang.  

Kamis siang (21/2), tepat pukul 14.00 WIB Al-Ustadz Zaki Mubarok, SPd.I selaku Inspektur Upacara membuka secara resmi kegiatan perkajum di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), sekaligus melepas seluruh peserta yang akan pergi ke Bumi Perkemahan (Buper).

Selama perkajum, para peserta dilibatkan oleh banyak aktivitas yang menguji kekompakan dan kepedulian terhadap rekan satu tim, diantaranya adalah : Api Unggun Gembira, Senam Sehat, Lomba Memasak, Hacking, dan Lomba-lomba lainnya   “Awalnya, saya kira perkajum itu cuma tinggal di tenda-tenda, kemudian menyalakan api unggun seperti biasa. Ternyata justru lebih dari itu, banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapat, dari bagaimana berjalan bersama dengan teman satu grup, kerja sama tim, dan banyak lagi lainnya, pokoknya seru, the best.” Ujar Bairuni Zawaid santri kelas 1E, salah satu peserta perkajum. rukh

Popular Articles