Date:

Share:

Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy: Khutbah Perpeloncoan bagi Seluruh Warga Pondok Modern

Related Articles

Mantingan–Ahad pagi (5/8), PMDG Putri Kampus 1, Mantingan mengadakan Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy, khutbah ta’aruf, khutbah perpeloncoan bagi seluruh warga Pondok Modern. Tujuannya adalah untuk mengenalkan santri baru tentang pondok dan kepondokmodernan beserta program-programnya selama satu tahun yang akan datang, dan untuk mengingatkan santri lama juga para guru agar selalu memperbaharui niatnya di awal tahun ajaran baru.

Penyerahan Bendera Merah Putih oleh Bapak Pimpinan kepada PASKIBRA (Pasukan Pengibar Bendera).
Penyerahan Bendera Merah Putih oleh Bapak Pimpinan kepada PASKIBRA (Pasukan Pengibar Bendera).

Tepat pukul 07.00 WIB, acara dimulai dengan persiapan barisan dan pengibaran bendera merah putih, lalu dilanjutkan dengan pembacaan Pidato Apel Tahunan oleh Bapak Pimpinan selaku Inspektur Upacara. Dalam pidatonya, Kiai Hasan berkata,

“Anak-anakku, santri/santriahku, guru-guru dan keluarga besar PMDG yang kami cintai, rohimakumullah!!!. Dinamika yang terjadi dan dicapai puluhan tahun sebelum hari ini, hari-hari ini berkaitan dan tidak terlepas dari dinamika puluhan tahun bahkan puluhan tahun sebelumnya, dan untuk puluhan ratusan tahun sesudahnya. Ibarat tiang-tiang pancang, atau batu-batu fondasi yang terpendam, berjasa bagi bangunan-bangunan menjulang di atasnya setinggi, sebesar, sekuat apapun.”

 “Dynamic Generation, Smart Generation, Prestigious Generation, Identity Generation, Survival Generation, Inspiring Generation dan sekarang Guardian Generation.”

“Gontor Mengawal Nilai-Nilai dan Sistem Pesantren, bagi Kejayaan Umat dan Bangsa”

Seusai pidato, acara dilanjutkan dengan penampilan-penampilan kreativitas santriwati, yang terdiri dari: Grand Opening, Rebana, Senam Massal, Tari Massal dan Atraksi Pramuka, yang dibuka dengan penampilan Marching Band Gema Nada Darussalam MBGND dari PMDG Pusat dan Reog Ponorogo dari PMDG Kampus 2. Kemudian acara ditutup dengan parade-parade barisan, dari barisan Guru KMI, Siswa Akhir KMI, Mahasiswi, dan barisan Tiap-tiap Konsulat. Lalu dilanjutkan dengan Kuliah Umum Babak I dan II pada siang dan malam hari, serta kuliah umum Babak III dan IV pada keesokan harinya.

Acara ini diikuti oleh seluruh santriwati, guru KMI PMDG Putri Kampus 1 dan 2, dosen dan mahasiswi Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Putri Kampus Mantingan, yang masing-masing berjumlah 3.612 santriwati dan 434 guru PMDG Putri Kampus 1.1.644 santriwati dan 222 guru PMDG Putri Kampus 2.950 mahasiswi dan dosen UNIDA Gontor Putri Kampus Mantingan. Bapak Pimpinan Pondok, Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A., ketua-ketua lembaga pondok dan beberapa guru senior rombongan Gontor juga turut hadir pada acara ini hingga usai. rukh

Popular Articles