Date:

Share:

Akhir Kegiatan Kepramukaan, Gontor Adakan Upacara Penutupan dan Pembagian Hadiah

Related Articles

DARUSSALAM – Kegiatan pramuka adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang rutin diadakan setiap pekannya di Pondok Modern Darussalam Gontor. Di dalam kegiatan pramuka para santri dididik tentang kedisiplinan, kebersamaan, keterampilan, dan masih banyak lagi. Setelah berjalannya rentetan berbagai kegiatan kepramukaan; mulai dari Lomba Perkemahan Khutbatu-l-‘Arsy (LPKA), Lomba Tingkat (LT) Pasukan Khusus (Pasus) dan Asisten Koordinator Gerakan Pramuka (KGP), Praktik Pengayaan Lapangan (PPL), Musyawarah Gugus Depan (Mugus), hingga Ambalan Gembira (AG) dan Pembina Gembira (PG), menjelang ujian semester kedua kegiatan tersebut dinonaktifkan untuk sementara waktu dan diakhiri dengan upacara penutupan.

 

Upacara penutupan kegiatan kepramukaan diadakan pada Hari Kamis (25/02) siang, bertempat di depang Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh adika-adika pramuka kelas 1-4 KMI, pembina pramuka dari kelas 5 KMI, Pengurus Koordinator Gerakan Pramuka (KGP), Asatidz Majelis Pembimbing Koordinator Harian (MABIKORI), serta Dewan Majelis Pembimbing Gugus Depan (MABIGUS). Upacara tersebut dimulai pada pukul 14.30 WIB, setelah para adika mengikuti session kepramukaan terakhir bersama para kakak pembina di tempat masing-masing yang sudah ditentukan.

 

Dalam upacara tersebut, Al-Ustadz Hakam Arrosyada, M.Pd. berkesempatan untuk menyampaikan sambutan sekaligus menutup kegiatan kepramukaan secara resmi, mewakili Bapak Pimpinan PMDG. Ketika menyampaikan amanat sebagai Pembina Upacara, beliau menegaskan kembali bahwa berakhirnya kegiatan kepramukaan pada hari itu bukan berarti berhenti menjadi pribadi pramuka dengan nilai-nilai yang sudah ditanamkan pada setiap kegiatannya. “Kegiatan kepramukaan memang ditutup hari ini. Namun, jiwa-jiwa kepramukaan yang sudah diajarkan lewat kegiatan-kegiatan yang ada harus kita pegang, kita laksanakan dan kita pedomankan dalam kehidupan sehari-hari.” Jelas beliau di depan para santri.

 

Setelah mengakhiri amanat beliau dengan doa lalu dilanjut dengan pembacaan surat keputusan bahwa kegiatan kepramukaan dinonaktifkan untuk sementara waktu, acara berikutnya adalah pembagian hadiah. Penghargaan yang dibagikan meliputi: adika teladan, pembina teladan, asisten teladan, anggota Pasus teladan, Pembimbing Gugus Depan (Bindep) teladan, serta man of skill kategori penggalang dan penegak. Adapun untuk penghargaan antar Gugus Depan (Gudep), Juara 1 dimenangkan oleh Gudep 15089-05 dan Juara Favorit dimenangkan oleh Gudep 15089-19.zahrulmuhsinin

 

 

Related Articles:

Orientasi dan Gladi Tangguh Pengurus Baru Koordinator Gerakan Pramuka Perkuat Jiwa Kebersamaan

Lomba Tingkat (LT) Mengasah Skil Kepramukaan Santri

Bekali Calon Pembina Pramuka, Gontor Adakan Orientasi

Popular Articles