Date:

Share:

Ahli Balaghah Mesir, Prof. Dr. M. Mohamed Emam Dawood Kunjungi Gontor

Related Articles

GONTOR – Pondok Modern Darussalam Gontor kembali kedatangan tamu agung dari luar negeri. Kali ini giliran  Prof. Dr. M. Mohamed Emam Dawood, Guru Besar Linguistik Arab dan Studi Islam dari Canal Suez University Mesir berkunjung ke Kampung Damai. Beliau yang juga merupakan direktur Markas al-‘Aly li-l-Qur’ani-l-Karim wa ‘Ulumihi di Mesir ini mengadakan silturahim dengan Pimpinan PMDG pada hari Jum’at sore (22/9), tepatnya pada pukul 17.00 WIB. K.H. Hasan Abdullah Sahal secara langsung menerima kunjungan dari ahli Ilmu Balaghah ini di kantor pimpinan PMDG. Turut menyambut juga para ketua lembaga tinggi pondok serta beberapa guru dan dosen alumni universitas al-Azhar Mesir. Acara ramah tamah berlangsung selama setengah jam, dilanjutkan shalat maghrib berjama’ah dengan kurang lebih 4.200 santri dan guru di Masjid Jami’ Gontor.

Prof. Dr. M. Mohamed Dawood saat memberikan ceramah di depan seluruh santri setelah shalat maghrib
Prof. Dr. M. Mohamed Dawood saat memberikan ceramah di depan seluruh santri setelah shalat maghrib

Setelah selesai menunaikan shalat maghrib berjama’ah, para santri berkesempatan mendengarkan ceramah dari Prof. Dawood. Sebelum ceramah, Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A., dosen Universitas Darussalam Gontor menyampaikan sambutannya. Beliau memperkenalkan Gontor secara singkat, sekaligus meminta agar Prof. Dawood berkenan memberikan ilmu dan motivasinya kepada para santri dengan berbahasa arab yang fasih. Prof. Dawood pun berkenan menyampaikan ceramahnya dengan durasi yang cukup lama, kurang lebih 1 jam. Dalam kuliah singkat tersebut, beliau banyak menyampaikan tentang fadhilah al-Qur’an, serta pesan-pesan yang terkandung di dalamnya, baik yang tersurat maupun tersirat. Para santri dan guru mendengarkan dengan khidmat sambil berusaha memahami apa yang disampaikan oleh pembicara dengan bahasa dan logat asli Arab. Alhamdulillah, hampir setiap kali sang Profesor melantunkan sebuah ayat al-Qur’an, para santri dapat melanjutkan potongan ayat tersebut.

Kunjungan ini merupakan rentetan dari acara yang sudah dijadwalkan oleh Panitia Seminar Internasional dan Workshop Pusat Bahasa UNIDA Gontor. Panitia sengaja mengundang beliau untuk mengisi seminar tentang Perkembangan Bahasa Arab Modern, serta workshop tentang pembelajaran Balaghah. Kegiatan beliau di Gontor dimulai pada hari Kamis (21/9). Acara seminar dan workshop pertama diselenggarakan di PMDG Putri Kampus 1 Mantingan, dilanjutkan di UNIDA  Gontor Kampus Pusat di Siman. Peserta akan diberi pengetahuan tentang perkembangan Bahasa Arab Modern di kancah internasional, serta pembelajaran balaghah, khususnya balaghah qur’aniyyah.Semoga dengan diadakan silaturahim dan seminar ini, ilmu dan semangat santri maupun mahasiswa dapat meningkat dalam menggali lebih dalam kemampuan Bahasa Arab, khususnya dalam ilmu Balaghah. Karena, tidak dapat dipungkiri bahwa Bahasa Arab merupakan mahkota Pondok Modern Gontor yang harus senantiasa dijaga.brada89

Popular Articles