Date:

Share:

654 Siswa Kelas 5 KMI 2019 Siap Hadapi Rutinitas Pondok

Related Articles

GONTOR-Tuntas sudah beban kelas 5 di Drama Arena, agenda tersebut telah sukses dilaksanakan pada Kamis malam (9/8) lalu. Kali ini, kelas 5 mulai memasuki rentetan agenda pondok non-Khutbatul Arsy, salah satunya adalah belajar malam yang rutin diadakan setiap malam kecuali pada hari Ahad, Kamis, dan Jum’at. Belajar malam kelas 5 KMI dibuka oleh Wakil Direktur KMI, H. Farid Sulistyo, Lc., pada Sabtu malam (25/8) lalu. Pada tahun ini, tempat belajar malam siswa kelas 5 KMI tidak lagi di gedung Satelit, namun sudah berpindah ke gedung Al-Azhar, dikarenakan kedua gedung tersebut sudah bertukar fungsi.

Dengan dimulainya rutinitas pondok, siswa kelas 5 KMI harus menstabilkan keadaan mereka dan lebih memfokuskan diri dengan kegiatan-kegiatan penting lainnya, seperti Diskusi Umum, Ulangan Umum, Drama Contest, Fathul Mu’jam, dan Ujian Semester Pertama.

Berbeda dengan kelas 1-4 KMI, kelas 5 juga memiliki tambahan kegiatan rutin berupa diskusi yang diadakan setiap Ahad malam. Namun, sebelum kegiatan mingguan tersebut berjalan, siswa kelas 5 KMI dihadapkan dengan Diskusi Umum terlebih dahulu, yaitu simulasi singkat terkait pelaksanaan diskusi mingguan atau biasa disebut dengan diskusi perdana. Agenda tersebut diadakan tepat 3 hari setelah kegiatan belajar malam dibuka, yaitu pada Selasa malam (28/8) di BPPM.

Diskusi Umum Kelas 5 tahun ini mengambil tema pendidikan. Pemakalah, Muhammad Fauzi (5-B), membawa makalah yang berjudul “Kemodernan dalam Pendidikan Pesantren”, berbanding dengan Faris Alfi Fauzi (5-H), yang membawa makalah berjudul “Peran Pesantren dalam Membangun Bangsa”, walhasil keduanya berhasil membawakan makalah masing-masing dengan baik. Dengan diadakannya diskusi umum ini, diharapkan siswa kelas 5 KMI memiliki gambaran awal pelaksanaan diskusi.

Demikian bagian kecil dari kehidupan kelas 5 KMI, santri senior yang dididik untuk menjadi kader pemimpin umat. Masih banyak agenda dan momen lainnya yang akan dihadapi ke depannya. Sand88

 

 

 

Popular Articles