Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5

Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5 (Gontor Putri 5), yang terletak di Bobosan, Kemiri, Kandangan, Kediri, Jawa Timur, merupakan cabang yang secara resmi diresmikan oleh Ketua MPR RI. DR. KH. Hidayat Nur Wahid, M.A. Turut hadir dalam acara itu, anggota badan wakaf, instansi pemerintahan kab Kediri beserta undangan dari masyarakat sekitar. Pondok ini berdiri diatas lahan 5,5 hektar dan tanah ini merupakan wakaf dari Ibu Hj. Halimah pada 5 September 2006,beserta 3 unit rumah. Fasilitas bangunan terdiri dari 10 lokal, ruang penerimaan tamu, Depot Latansa, kopel dan kafe serta dapur umum. Pimpinan Pondok telah menunjuk Ustadz H. Agus Mulyana, S.Ag., sebagai pengelola dan pengasuh Gontor Putri 5, dibantu oleh 2 Ustadz serta 11 ustadzah sebagai staf pengajar. Adapun jumlah santriwati ketika pembukaan sebanyak 150 orang yang merupakan pindahan dari Gontor Putri 2.

PENGASUHAN SANTRIWATI

Tugas Pengasuhan Santriwati adalah membina, membimbing, dan menjaga keharmonisan kehidupan dan stabilitas disiplin, serta mentransfer nilai-nilai pondok demi terciptanya muslimah yang aktif, dinamis, dan tetap berpegang pada prinsip syari’ah. Karena itu, disusunlah program pendukung, seperti peningkatan ubudiyah santriwati melalui puasa Senin-Kamis bersama, hafalan Juz ‘Amma, pengontrolan shalat tahajjud, yang ditunjang kegiatan pengembangan bakat dan kreativitas santriwati sbb:

Gathering Harmony

Sebagai upaya membuat santriwati merasa nyaman dan betah di pondok, maka diselenggarakanlah acara Gathering Harmony, yakni berbagai perlombaan yang melibatkan seluruh anggota kamar. Perlombaan tersebut juga merupakan awal kebersamaan anggota kamar sebagai pengenalan karakter, bakat serta sifat anggota kamar masing-masing. Macam lomba adalah hasil inisiatif dari masing-masing anggota kamar, meliputi bidang olah raga (tarik tambang, sepeda lambat, dan sandal terompah), permainan (pukul air, kelereng sendok, balap karung).

Keputrian

Sebagai wahana peningkatan bakat dan potensi, maka diadakanlah penyeleksian Queen of Campus. Peserta Queen of Campus adalah utusan dari masing-masing kamar sebanyak 2 orang. Dalam penyeleksian diajukan sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan Kepramukaan, Keputrian (berikut prakteknya), Kepondokmodernan, Bahasa, serta Pengetahuan Agama dan Umum.

Pengaktifan Kursus-kursus

Dalam rangka mengisi kekosongan pada sore hari dan sebagai upaya pengembangan bakat dan potensi masing-masing santriwati, dibukalah berbagai kursus, setiap hari, dari Sabtu sampai Rabu. Kursus ini dibimbing dan di bawah tanggung jawab langsung guru pengajar. Materi kursus meliputi: Kursus JMQ (Jam’iyyatu al-Qurra’), JMK (Jam’iyyatu al-Khatibat), Bahasa Arab dan Inggris, Kesenian (Ornament, Letter, dan kaligrafi), Pasukan khusus Kepramukaan, Olahraga (Basket dan Badminton), Keputrian (Hasta karya, menyulam, menjahit, tata rias, dan tata boga). Kursus ini diharapkan mendukung pembentukan santriwati yang sittil kull.

Pembinaan Qari’ah

Gontor Putri 5 membentuk wadah bagi santriwati yang memiliki bakat dan menggali minat serta untuk mengembangkan seni baca Al-Qur’an. Dibimbing oleh beberapa guru dengan materi tartil dan tajwid.

KULLIYATU-L-MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYYAH (KMI)

Dalam setiap kegiatannya KMI berusaha mengacu kepada peningkatan kualitas santriwati dalam bidang akademis. Kegiatan-kegiatan yang diadakan meliputi kegiatan kurikuler dan intra kurikuler yang menunjang kepada tujuan di atas.  Naqdu al-Tadris, Taftisyu al-Mufaji', Penulisan Insya' Yaumi dan  Tamrinat, Perlombaan cerdas cermat,  dan banyak  lagi kegiatan sebagai penunjang dalam kegaitan akademis.

1926-2014 Gontor All Right Reserved || Design By ICT Team