Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4

Memperhatikan animo yang tinggi dari masyarakat Sulawesi Tenggara untuk memasukkan anaknya di Pondok Modern Gontor VII serta harapan dibukanya Pondok Putri di daerah tersebut, disamping untuk melanjutkan misi Gontor Putri I, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor membuka Gontor Putri IV di desa Lamomea, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Aktivitas pembangunan Pondok yang berdiri diatas areal tanah seluas 193.550 m2 tersebut dimulai awal bulan maret 2004 dibawah pengawasan H. Noor Syahid, S.Ag. Selanjutnya mulai tanggal 1 Juli s.d 31 Agustus 2004 dimulai pendaftaran santri baru.

Pengasuh Pondok Gontor Putri IV pada awal berdirinya adalah Ustadz Husni Kamil Jaelani, S.Ag yang ditunjuk langsung oleh Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor. Pada tahun ajaran 2007 Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor menunjuk Ustadz Suwarno untuk menggantikan pengasuh sebelumnya.

Kulliyatu-l-Muallimin Al Islmiyah (KMI) dan Pengasuhan Santriwati

Pada Prinsipnya, seluruh kegiatan akademik dan non akademik mengacu pada yang dilaksanakan di Gontor Putri I, dimana sistem pendidikan yang digunakan adalah sistem pesantren/asrama; seluruh santriwati wajib tinggal di asrama dalam lingkungan Pondok yang sengaja diciptakan untuk mencapai tujaun pendidikan yang dimaksud. Sedangkan kurikulumnya mengintregasikan antara ilmu agama dan ilmu umum serta mengintregasikan antara kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler yang meliputi: akhlak, ibadah, keorganisasian, disiplin, kesenian, olahraga, kepramukaan, ketrampilan, bahasa, serta nisaiyat (keputrian).

Demikian halnya dengan jenjang pendidikan yang ada, yaitu pendidika tingkat menengah yang disebut Kulliyatu-l-Muallimin Al Islamiyah (KMI) dengan 2 jenis program, yakni:

a. Program reguler dengan masa belajar 6 tahun untuk lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD) dan tingkatan yang sederajat.

b. Program intensif dengan masa belajar 4 tahun untuk lulusan Madrasah Tsnawiyah (MTs) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan tingkatan pendidikan diatasnya.

Status ijazah KMI Gontor Putri IV sama dengan Ijazah KMI Gontor Pusat dan Cabang lainnya, yang telah diakui oleh Pemerintah Indonesia dan disamakan dengan MTs/SMP dan MA/SMU.

Adapun tenaga pengajar di Gontor Putri IV adalah lulusan KMI Gontor Putri dan Gontor Putra yang telah menyelesaikan pendidikan di ISID, yang seluruhnya berperan aktif dalam pembinaan mentel spiritual serta peningkatan kemampuan akademik dan non akademik para santriwati, baik melalui aktifitas di dalam dan di uar kelas.

1926-2014 Gontor All Right Reserved || Design By ICT Team