You Are Here: Home » Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2

Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2

            Sejak tahun 1997 telah dibuka Pondok Modern Darussalam Gontor Putri II untuk menerima pendaftaran calon-calon santriwati pada bulan Juni/Juli (awal tahun ajaran nasional), namun saat itu tempatnya masih menjadi satu dengan kampus Gontor Putri I. Baru pada tahun 2001 telah dibangun kampus Gontor Putri II, sebelah barat kampus Gontor Putri I, menempati areal tanah seluas 6 ha. Adanya pondok ini, bertujuan untuk mempersiapkan santriwati yang akan menimba ilmu di KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I. Saat ini, seluruh kegiatan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri II berada di bawah tanggung jawab Ustadz Suwarno TM, S.Ag. dengan dibantu beberapa guru.

Sistem Pendidikan

            Sistem pendidikan di Pondok Modern Gontor Putri II lebih ditekankan pada upaya pembekalan calon siswi dengan berbagai kemampuan akademis agar berhasil dan lulus mengikuti ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri. Sejak awal, Pondok Modern Darussalam Gontor Putri II dibuka untuk menerima pendaftaran calon siswi baru setiap saat, selama kapasitas dan fasilitas yang tersedia masih memungkinkan. Meskipun demikian setiap calon siswi baru harus mengikuti ujian penempatan (placement test) guna menentukan kelas yang sesuai dengan kemampuannya. Adapun kelas-kelas yang ada di KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri II adalah sebagai berikut:

  1. Kelas Khusus Pondok Alumni (KPA)

               Kelas ini diperuntukkan para calon siswi yang pernah belajar di Pondok Pesantren alumni dan menguasai materi-materi ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I dengan baik. Untuk anggota kelas KPA, selain pendalaman materi ujian masuk juga diajarkan materi-materi pelajaran kelas I KMI Gontor Putri I.

  1. Kelas untuk Capel Tamatan MTs/SMP atau MA/SMU:
  2. Kelas A

            Untuk calon pelajar yang sudah mampu membaca Al-Qur’an dan menulis Arab/Imla’ dengan baik.

  1. Kelas C

            Dikhususkan bagi calon siswi yang sudah lumayan mampu membaca Al-Qur’an dan menulis Arab/imla’.

  1. Kelas G

            Terdiri dari para calon pelajar yang belum mampu membaca Al-Qur’an dan menulis Arab/imla’.

  1. Kelas untuk Capel Tamatan MI/SD:
  2. Kelas B

            Diperuntukkan calon siswi yang sudah mampu membaca Al-Qur’an dan menulis Arab/imla’ dengan baik.

  1. Kelas D

            Untuk para calon pelajar yang sudah lumayan mampu membaca Al-Qur’an dan menulis Arab/imla’.

  1. Kelas F

            Dikhususkan bagi calon pelajar yang belum mampu membaca Al-Qur’an dan menulis Arab/imla’.

  1. Kelas H

Untuk para calon pelajar yang sangat lemah penguasaannya terhadap bacaan Al- Qur’an dan tulis Arab/ imla’.

Di tengah proses pembelajaran, diadakan Ujian Perpindahan Kelas (Replacement Test) untuk memacu semangat belajar para calon siswi dan mengenalkan ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I kepada para calon siswi.

Ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I dilaksanakan pada bulan Sya’ban dengan klasifikasi kelulusan beragam yakni lulus di KMI Gontor Putri I, II, atau III. Bagi mereka yang lulus, pada bulan Syawwal dapat mengikuti ujian lanjutan ke kelas yang lebih tinggi di pondok masing-masing sesuai kemampuan. Adapun bagi calon pelajar yang belum lulus dalam ujian masuk tersebut, diberi kesempatan untuk mengikuti ujian masuk pada bulan Syawwal. Bagi mereka yang belum lulus atau ingin mengikuti ujian lanjutan diharuskan mengikuti bimbingan tes sampai pertengahan bulan Ramadan.

Kurikulum

            Mengacu pada maksud didirikannya Pondok Modern Darussalam Gontor Putri II, kurikulum didalamnya lebih ditekankan pada materi-materi ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I, antara lain: Al-Qur’an, imla’ (dikte menulis Arab), berhitung, bahasa Indonesia, dan fikih. Untuk para santri yang telah menguasai materi-materi tersebut diberikan materi pelajaran kelas I KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri.

Di samping kurikulum tersebut, juga diterapkan kurikulum KMI bagi santriwati yang telah lulus ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I dan ditempatkan di Gontor Putri II untuk jangka waktu 1 semester. Pada semester berikutnya, mereka akan dipindahkan ke Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I dan III sesuai nilai masing-masing pada ujian pertengahan tahun.

Tenaga Pengajar

            Para guru di KMI Pondok Darussalam Gontor Putri II adalah tamatan KMI Pondok Modern Gontor Putri I dan tamatan ISID. Selain sebagai guru pengajar di kelas, mereka juga aktif membimbing calon santriwati dalam kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler.

Kegiatan Ekstra kurikuler

            Untuk mengenalkan calon santriwati dengan dinamika kehidupan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I dan untuk menyempurnakan proses pendidikan, sejak awal masuk ke pondok calon santriwati sudah dikenalkan dengan berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang meliputi kepramukaan, olahraga, latihan pidato, pembinaan bahasa, ketrampilan, kesenian, kegiatan-kegiatan keputrian, dll.