Pondok Modern Darussalam Gontor 9

Pondok Modern Darussalam Gotor 9 adalah merupakan cabang Pondok Modern Darussalam Gontor yang berlokasi di Dusun Kubupanglima Desa Tajimalela Kecamatan Kalianda Lampung Selatan. Luas area 11.5 ha yang dipergunakan merupakan wakaf dari Bapak Daud Yusuf dan Bapak Ibrahim Sulaiman. Dengan fasilitas Masjid, Asrama, Kamar mandi, Dapur umum, Kantin pelajar, Koperasi Pelajar, dan lapangan olahraga. Kapasitas sekarang ini mampu menampung 100 – 150 santri.

Pondok Gontor 9 secara resmi di buka pada tanggal 21 Agustus 2005 oleh Menteri Agama ketika itu, H. M. Maftuh Basuni dan Pengasuh PMDG, Dr. KH Abdullah Syukri Zarkasyi, MA dan KH Hasan Abdullah Sahal, serta Ketua dan anggota Badan Wakaf.

Pondok Gontor 9 mempunyai visi dan misi sama dengan Pondok Modern Darussalam Gontor sebagai Induknya. Yaitu melahirkan kader – kader pemimpin umat, menjadi tempat ibadah dan sumber dari ilmu pengetahuan Islam. Untuk mencapai generasi mukmin yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengatahuan luas dan berpikiran bebas, dan kemasyarakatan.

Pondok yang diasuh oleh H Syamsuddin Basyir, S.Ag mempunyai program pendidikan sama dengan Gontor I yaitu berbentuk KMI (Kulliyatu-l-Mu’alimin Al-Islamiyah), yang mempunyai dua program;

1. Program reguler untuk tamatan SD dan MI dengan masa belajar 6 tahun.

2. Program intensif untuk tamatan SLTP, MTs, dan sederajat serta jenjang pendidikan atasnya dengan masa belajar 4 tahun.

Selain itu Gontor 9 juga memberikan pendidikan ekstrakurikuler seperti; kursus – kursus, olah raga, pramuka, latihan berpidato, dan lomba kebersihan.

Adapun pengajar untuk Pondok Modern Gontor 9 sama seprti Pondok cabang Gontor yang lainnya yaitu berasal dari alumni Gontor sendiri dan ISID.

2009 Gontor All Right Reserved | Design By ICT Team