Pondok Modern Darussalam Gontor 2

Pondok Modern Darussalam Gontor II terletak di desa Madusari, kecamatan Siman, kabupaten Ponorogo. Kampus Pondok yang menempati areal tanah seluas ± 10 ha ini dimulai pembangunannya 15 November 1995. Pada bulan Mei 1996 sebagian sarana dan prasarana telah selesai dibangun dan siap digunakan, maka pada bulan ini juga (23 Mei) dibuka pendaftaran murid baru generasi pertama. Pada tanggal 10 Oktober 1996, Pondok Modern Darussalam Gontor II telah dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden R.I. Try Sutrisno. Dinamika kehidupan pondok dan kualitas pelajar terus dipacu. Saat ini, wakil pengasuh di Gontor II adalah Ustadz H. M. Hudaya, Lc., M.Ag. dibantu oleh beberapa guru.

Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor II berbeda dengan sistem pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor I. Sistem pendidikan di Gontor II ditekankan pada upaya pembekalan santri dengan berbagai kemampuan agar berhasil dan lulus mengikuti ujian masuk Pondok Modern Darussalam Gontor. Sejak awal, Gontor II dibuka untuk menerima pendaftaran santri baru setiap saat, selama kapasitas dan fasilitas yang tersedia masih memungkinkan. Meskipun demikian setiap santri baru harus mengikuti ujian penempatan (placement test) guna menentukan kelas yang sesuai dengan kemampuannya. Kelas-kelas di Pondok Modern Darussalam Gontor II dibagi menjadi:

a. Kelas Program Khusus (KPK)

Kelas ini dikhususkan bagi santri yang pernah belajar di pondok pesantren alumni Gontor atau pondok pesantren lain dan telah menguasai mata pelajaran ujian masuk ke Pondok Modern Darussalam Gontor dan sebagian mata pelajaran Kelas I KMI Pondok Modern Darussalam Gontor I. Kelas ini juga diperuntukkan bagi calon pelajar lama yang sudah bermukim di Gontor II 1 sampai 1/2 tahun dan dianggap sudah menguasai materi ujian masuk KMI.

b. Kelas A

Untuk santri tamatan sekolah tingkat menengah yang mampu menguasai materi-materi ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor I.

c. Kelas B

Terdiri dari santri tamatan sekolah dasar yang menguasai seluruh materi ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor I.

d. Kelas C

Terdiri dari santri yang menguasai sebagian materi ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor I.

e. Kelas D

Untuk santri belum menguasai materi ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor I.

f. Kelas E

Dikhususkan bagi santri yang sangat lemah penguasaannya terhadap materi ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor I.

Kurikulum

Kurikulum di Pondok Modern Darussalam Gontor II lebih ditekankan pada materi-materi ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor II, antara lain: al-Qur’an,Imla’ (dikte menulis Arab), Berhitung, Bahasa Indonesia, danFiqih. Untuk para santri yang telah menguasai materi-materi tersebut diberikan materi pelajaran kelas I KMI Pondok Modern Darussalam Gontor.

Tenaga Pengajar

Para guru di KMI Pondok Gontor II adalah tamatan KMI Pondok Modern Darussalam Gontor I dan tamatan ISID yang ditugaskan oleh Pimpinan Pondok Modern. Selain sebagai guru pengajar di kelas, mereka juga aktif membimbing santri dalam kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler santri.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Untuk mengenalkan santri dengan dinamika kehidupan di Pondok Modern Darussalam Gontor dan untuk menyempurnakan proses pendidikan, sejak awal masuk ke Pondok para santri sudah dikenalkan dengan berbagai kegiatan kurikuler yang meliputi kepramukaan, olahraga, latihan pidato, pembinaan bahasa, ketrampilan, kesenian, dll

1926-2014 Gontor All Right Reserved | Design By ICT Team