Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3

Pondok Modern Darul Ma’rifat adalah salah satu cabang Pondok Modern Darussalam Gontor yang berlokasi di Sumbercangkring, Gurah, Kediri. Pondok yang dibangun di atas areal tanah seluas 6,5 ha. ini mulanya adalah wakaf dari keluarga Bapak H. Ridwan (alm.) atas prakarsa Bapak Drs. K.H. Kafrawi Ridwan, M.A., salah satu putra beliau.

Ketika dirintis pada tahun 1988 oleh para alumni Gontor yang berasal dari Kediri, Pondok ini bernama Makrifat yakni kependekan dari Monumen Abadi Keluarga Ridwan dan Fatimah. Setelah diwakafkan kepada Pondok Modern Darussalam Gontor pada tanggal 11 Desember 1993 namanya diubah menjadi Darul Ma'rifat. Hadir pada acara penyerahan wakaf dan sekaligus peresmian Pondok itu Menteri Agama R.I. H. Tarmidzi Taher, K.H. Drs. Kafrawi Ridwan, M.A. mewakili keluarga wakif, dan K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. mewakili Pondok Modern Darussalam Gontor sebagai penerima wakaf. Dengan kesepakatan bulat nama Makrifat diganti menjadi Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor.

Sejak itu Pondok ini dikelola oleh Gontor dengan Ustadz Drs. Ma’ruf Chumaidi sebagai pengasuhnya dan pada 14 April 1997/6 Dzulhijjah 1417 dilanjutkan oleh Ustadz H. Ahmad Suharto, S.Ag. Kemudian pada tahun 2007 Pimpinan Pondok menunjuk Ustadz Saiful Anwar, S.Ag sebagai pengasuh sampai sekarang. Sedangkan Direktur KMI Pondok Modern Darussalam Gontor III ini adalah H. Abdurrahim Sholeh

Seluruh kebijaksanaan di Darul Ma’rifat mengacu kepada kebijaksanaan di Gontor secara penuh. Namun, itu tidak berarti menutup kemungkinan wujudnya kreatifitas dan inovasi yang muncul dari pengelolanya, terutama berkaitan dengan hal-hal yang bersifat teknis-praktis, bukan prinsip.

Kulliyatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI)

Sistem pendidikan di KMI Darul Ma’rifat sepenuhnya mengacu kepada sistem pendidikan KMI Pondok Modern Darussalam Gontor; baik dalam jenjang pendidikan maupun kurikulumnya, demikian pula berbagai aktivitas dan program-programnya.

Para santri Darul Ma’rifat adalah mereka yang mendaftar untuk masuk di Gontor I. Setelah melalui ujian masuk, mereka ditempatkan di Darul Ma’rifat. Disamping itu,juga banyak santri yang mendaftar langsung di Darul Ma’rifat. Bagi santri-santri ini, ujian akhir kelas IV, praktek mengajar, dan berbagai aktifitas lain menjelang kelulusan akan diselenggarakan di Gontor I.

Pengasuhan Santri

Di luar kelas santri mendapat bimbingan, pengajaran, dan pengembangan secara intensif oleh Pengasuhan santri yang bertanggungjawab menangani berbagai aktivitas ekstrakurikuler yang meliputi keorganisasian, kepramukaan, bahasa, disiplin, olahraga, ketrampilan, kesenian, akhlak, ibadah, dll. Berbagai aktivitas ini, dengan beberapa modifikasi dan inovasi, juga mengacu kepada aktivitas yang diselenggarakan oleh Pengasuhan Santri di Pondok Modern Darussalam Gontor.

1926-2014 Gontor All Right Reserved | Design By ICT Team