Dinamika Kehidupan Pesantren Reviewed by Momizat on . [caption id="attachment_3138" align="aligncenter" width="640"] Kegiatan seni bela diri santri di Pondok Modern Darussalam Gontor[/caption] Pada dasarnya, pendid [caption id="attachment_3138" align="aligncenter" width="640"] Kegiatan seni bela diri santri di Pondok Modern Darussalam Gontor[/caption] Pada dasarnya, pendid Rating:
You Are Here: Home » Galeri » Dinamika Kehidupan Pesantren

Dinamika Kehidupan Pesantren

Kegiatan seni bela diri santri di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor

Kegiatan seni bela diri santri di Pondok Modern Darussalam Gontor

Pada dasarnya, pendidikan di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor dikemas dalam berbagai macam kegiatan di kampus yang membentuk sebuah dinamika kehidupan yang syarat akan nilai, jiwa, idealisme, dan falsafah kehidupan yang dipegang teguh oleh Gontor. Oleh karena itu, dalam perputaran waktu 1 x 24 jam, pesantren Gontor tidak pernah tidur, al-ma’hadu la yanamu ‘abadan, karena berbagai macam aktivitas dilaksanakan oleh seluruh elemen pesantren dalam rentang waktu tersebut. Semua minat dan bakat santri diberikan wadah yang memadai untuk mengembangkan kecerdasannya; baik itu kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, spasial, atau kecerdasan-kecerdasan lainnya.

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang menarik adalah seni bela diri. Dalam ekskul tersebut, santri dididik untuk memiliki ketahanan fisik yang kuat, jiwa sportivitas, menghargai orang lain, berdisiplin, dan pantang menyerah. Nilai-nilai pendidikan inilah yang selalu ditanamkan dalam kegiatan tersebut.

Agar nilai-nilai itu dapat tertanamkan dengan baik, terdapat penanggung jawab khusus dari para guru/ustadz yang diberi amanah oleh Kyai untuk mengawalnya. Pola pengawalan semacam ini juga berlaku untuk puluhan kegiatan ekstrakurikuler lainnya, sehingga seluruh aktivitas santri yang dilaksanakan tidak kering akan nilai-nilai pendidikan Gontor. AbuNuya

Comments (5)

  • Karunia

    Apakah ada ekstrakurikuler bela diri juga di gontor putri?

  • gontor

    maaf, untuk admin website ini dari Gontor Putra, sehingga tidak mengetahui seluk beluk ekskul di gontor putri, dapat ditanyakan langsung ke Gontor Putri

    Jazakumullah

  • Sutrisno

    Assalamualaikum …..wrwb….

    Mohon ijin bertanya…….bahwa anak saya sekarang sedang belajar di kota kecil yg hampir tidak ada komunitas muslimnya yaitu di Kota Khoblinz Jerman, komunitas muslim terdekat kira2 berjarak 10 km dari apartemenya itupun aliran Ahmadiyyah yang rousulnya Ghulam Ahmad bukan Rosul Nabi Muhammad SAW,

    anak saya sampai sekarang belum menemukan komunitas muslim di kota tsb yang bisa diajak Sholat Jum at berjamaah, pertanyaannya …..

    Bagaimana anak saya menjalankan Sholat Jum at dengan kondisi tsb diatas….?

    Matur nuwun atas jawabanya…..
    Wassalamualaikum wrwb…….

  • mahmud

    ingatlah bahwa ilmu silat bukan untuk membela diri tetapi untuk mengawal perasaan marah dan stress dan juga untuk mengawal emosi dan untuk allah semata-mata.

  • gontor

    Wa'alaikumsalam,

    Maaf, untuk pertanyaan di web ini hanya berkenaan dengan Gontor dari berbagai segi. Untuk permasalahan fiqh, dapat ditanyakan langsung kepada ahlinya.
    Jazakumullah,